Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Absolut Revo Konslet Kabel Terbakar


Absolut Revo Konslet Kabel Terbakar

Problem
Kronologinya Motor datang dalam kondisi konslet, bisa hidup tapi berasap. Kondisi seperti itu secepatnya matikan mesin agar aman. Setelah dicek kabel body sudah hangus, sekering meleleh.
Solusi
Perkiraan pertama kabel body cacat atau putus di dalam. Langsung ambil langkah ganti kabel body warna hitam dari aki. Artinya kabel body yang besar dari aki dan kabel body kecil yang dibagi semua rangkaian yang dapat arus dari kunci kontak juga diganti. Setelah dipasang motor kembali hidup normal dan sekilas tidak ada masalah. Setelah beberapa saat motor mendadak mati kembali dan kelistrikan mati.
Lanjutkan pencarian……..
Setelah dicek ternyata sekring dari aki ke kontak putus, setelah diganti hidup kembali. Tapi tidak lama mati lagi. Dicek sekringnya tidak putus tapi lampu netral dan lain lain tidak bisa difungsikan, bahkan lebih parah motor distarter hidup tidak dapat digas, ketika digas langsung mati dan kabel aki ke kontak kembali panas dan hampir meleleh. Pemilik bengkel sempat konsultasi ke Instruktur mekanik Auto Champion Training Centre. Diberi beberapa advice untuk cek satu persatu rangkaian. Akhirnya dicek satu per satu tiap rangkaian. Ternyata masalah terdapat dari kunci kontak ke bagian atas atau lampu dan lain lain. Sampai ke flaser baru ketahuan kalo flesernnya yang part murahan yang jadi penyebab konslet dan sumber masalah. Setelah ganti fleser baru, motor kembali hidup normal dan semua berfungsi kembali. Itulah dari hal kecil flaser awal yang beli murahan jadi masalah besar kebakaran kabel, untungnya tidak terjadi di pomp bensin.

Referensi
Bengkel motor injeksi Ketapang Kalimantan Barat yang konsultasi ke Auto Champion Training Centre.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/YogyakartaReferensi