Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Vario 125 Injeksi Tidak Mau Hidup


Vario 125 Injeksi Tidak Mau Hidup

Problem
Honda Vario 125 injeksi MIL berkedip 12 (kode injektor bermasalah), kemudian api tidak ada, pompa bensin juga tidak hidup (kalo hidup tandanya saat dikunci kontak on ada bunyi nging). Gejala sebelumnya motor brebet-brebet. Sempat dibersihkan injectornya mau hidup sebentar, kemudian mati lagi.
Solusi
Bengkel motor tersebut akhirnya konsultasi dengan saya setelah mentok. Karena tidak punya alat scanner injeksi, saya sarankan untuk cek aki, sekring, dan runut pengkabelan dengan teliti, sekitar injektor dan ECU atau yang berkaitan dengan sistem tersebut. Hasil pengecekan aki normal, sekering normal, adapun runut kabel belum dilakukan maksimal. Karena alat scanner injeksi belum ada, akhirnya semua dilakukan serba manual. Saya hanya sarankan kabel-kabel untuk dirunut dengan teliti.
Sempat curiga ECUnya mau diganti, tapi setelah cek ECU dengan cara ECU motor yang bermasalah tadi dipasang di motor yang normal ternyata tidak masalah, berarti ECUnya normal (ada unsur spekulasi karena minim alat). Sehingga difokuskan pada runut kabel, hasil setelah merunut kabel ada yang bermasalah terkait sambungan ke kabel injektor dan kabel warna putih dekat sekering ada yang ngelupas kena bodi. Setelah itu kabel diperbaiki masalah beres. Tinggal stationer terlalu tinggi, itu juga sudah dibereskan. Catatan penting bengkel motor tersebut menerima servis injeksi, tapi terbatas alatnya, scanner injeksinya belum ada, itu bisa menghambat pekerjaan dan agak kesulitan meyakinkan konsumen yang akan menserviskan motor injeksinya.
Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta