Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Vario 110 Terbakar Setelah Turun Mesin


Motor Vario 110 Terbakar Setelah Turun Mesin
kabel motor terbakar


Problem
Motor vario 110 karbu habis over houle/ turun mesin. Kemudian selang beberapa hari mogok dan diganti kiprok imitasi dan accu (aki). Beberpa hari kemudian motor terbakar, posisi terbakar itu kontak di cabut.
Solusi
Mekanik lakukan pengecekan, posisi yang terbakar bagian depan, tepatnya kabel ke lampu panel. Lampu penerangan depan, shocket kiprok terbakar juga terbakar semua. Setelah itu, Mekanik memperbaiki semua instalasi, kiprok diganti yang baru dan original/orisinil.
Test detail dulu……..
Mekanik harus bisa pastikan pekerjaannya terlebih dahulu jangan asal hidup dan lepas ke konsumen. Kemudian mekanik menghidupkan mesin sekaligus test kelistrikan semua. Benar saja………..., masih ada problem, baru hidup 1 menit, kiprok dan shocket kiprok langsung panas sekali, dipegang tangan nggak kuat. Kemudian mekanik matikan mesin dan dicek dari kiprok menuju spull. Shocket kiprok menuju shocket spull aman. Kemudian dilanjutkan membuka magnet untuk lihat spullnya, ternyata spullnya lecet di beberapa titik. Menurut pengamatan mekanik, lecetnya kemungkinan disebabkan saat masang baut kipas radiator, bautnya kepanjangan, jadi kena kumparan spull itu.
Lanjutkan perbaikan selanjutnya, pastikan musyawarahkan dulu ke konsumen……….
Hasil musyawarah dengan konsumen, spullnya minta dispull ulang saja, tidak ganti baru. Biaya spull ulang ke tukang spull 130 ribu. Setelah selesai dispull, mekanik rakit kembali dan nyalakan, setelah beberapa menit baru terasa hangat saja dan shocket kiprok dingin nggak ada masalah. Kemudian mekanik hidupkan dan cek semua lampu panel dengan dinyalakan sambil gass 3.000an rpm aman, test jalan juga aman.
Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta