Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Knalpot Motor Injeksi Keluar Bensin


Knalpot Motor Injeksi Keluar Bensin

Problem
Motor Yamaha Vixion injeksi dari Mojokerto keluar bensin lewat knalpot. Ini beda sebab kerusakannya dengan artikel saya sebelumnya Vario 125Injeksi Mogok dan Knalpot Keluar Bensin.
Solusi
Mekanik bengkel Mojokerta Jatim awalnya belum punya tool injection, diantaranya scanner, pengukur bahan bakar, injector cleaner dll, akhirnya dikerjakan sebisanya. Kalo tidak salah sempat dibersihkan injektornya, sempat berhasil, tapi 2 minggu lagi kambuh. Kemudian motor datang lagi ke bengkel client kami, dan kebetulan sudah beli alat di Auto Champion diantaranya scanner honda yamaha. Setelah dicolok scann muncul tanda kerusakan injektor. Akhirnya injector diganti, dan dicoba lagi, ternyata masih kambuh lagi keluar bensin lewat knalpot.
Usaha berikutnya………..
Sempat konsultasi ke Auto Champion Training Centre, karena dari jauh, ya lewat whatsapp, saya sarankan yang harus dicek ECUnya. Ternyata mekanik bengkel ada kecurigaan kambuhnya setelah dicuci motornya dan menyentuh soket ECU, setelah dikasih isolasi tidak kambuh lagi, ya hanya soket ECU dikasih isolasi yang rapat.
Penting untuk diperhatikan……..
Sebenarnya ada mis di SOP mekanik bengkel, itu terjadi karena belum punya alat injeksi yang komplit, ke-dua belum training mekanik injeksi. Mungkin jika sebelumnya diterapkan SOP dengan baik hanya perlu kasih isolasi pada soket injeksi tanpa mengganti injeksi. Kemungkinan juga ada yang short/konslet atau hubungan pendek di ECU yang mengganggu suplai ke injektor sehingga tidak teratur bensin yang masuk ke ruang bakar, dan itu disebabkan oleh air karena ada isolator yang terbuka.
Terima kasih


Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta