Honda Beat ESP Tidak Bisa Langsam dan Mudah Mati
Honda
Beat ESP Tidak Bisa Langsam dan Mudah Mati
Problem
Motor
injeksi Honda Beat ESP Mlepek mati. Padahal tenanan bahan bakar atau
tekanan injektornya normal. Kompresi juga normal, tapi susah hidup
mlepek (seperti kebanyakan bensin), tapi kalau mau hidup gampang mati
dan setelah itu hidupnya susah. Soket padahal sudah kenceng. Adapun
dicoba terpisah tanpa sistem injeksi atau dengan infuse, sama saja
tetap problemnya seperti itu.
Solusi
Cek
dengan scanner injeksi. Didapat data bukaan injektor terlalu tinggi.
Jika melihat data di scanner durasi injektor sebelumnya 8 lebih ml/s
kondisi motor tidak mau langsam. Kemudian dilakukan pembersihan
injektor dan kalibrasi. Setelah injector dibersihkan ada pengaruh,
semprotan injektor jadi turun 2,9ml/s. Akan tetapi masih ada kendala
motor saat langsam kadang cegukan, selain itu saat digas dihentak,
terasa nyendat. Kecurigaan pada busi, cop busi dan coil
pengapian/koil pengapian. Hasil pengukuran cop busi 5 kilo ohm
relatif bagus. Kemudian ukur koil pengapian tahanan primer 2,3 ohm
dan tahanan sekunder relatif normal. Kecurigaan mengarah ke businya,
setelah diganti busi, injeksi mau langsam kembali, enak dan gas
kembali lancar dihentak.
Referensi
Bengkel
motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah
discreening instruktur ahli Auto champion.
Terima kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta