Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Elektrik Starter Beat FI Muter Saat Kunci Kontak On


Elektrik Starter Beat FI Muter Saat Kunci Kontak On

Problem
Motor injeksi Honda Beat FI ada keluhan saat kunci kontak on, elektrik starter berputar dengan sendirinya dan tidak beraturan, padahal saklar tidak ditekan.
Solusi
Mekanik Melakukan Scanning. Sebelum discann melepas kabel positif (plus) dinamo starter agar tidak ada kemungkinan berebut arus kalo ada konslet. Ternyata ECM/ECU tidak bisa discann, ditandai dengan tanda seru pada alat scann injeksi. Setelah itu ganti ECU/ECMnya, dan kabel dinamo yang plus (positif) tadi dipasang lagi dan motorpun bisa normal, tidak nyater sendiri. Setelah ECU/ECM diganti baru, data-data sistem injeksi bisa terbaca, ternyata sistem charging tidak nomal, ditandai dengan pembacaan tegangan aki drop sampai angka 7 Volt, kadang mau normal 13 Volt, naik turun tidak beraturan. Adapun jika stasioner mau stabil di angka 13,5 Volt. Setelah cek ternyata kabel putih dari spull pengisian putus nyambung, setelah diperbaiki masalah beres.
tanda ecm rusak

ecm beat fi rusak

Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta