Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

CBR 150 R Mogok, Sekilas Injektornya


CBR 150 R Mogok, Sekilas Injektornya

Problem
Motor Injeksi Honda CBR 150 R dengan keluhan setiap 500 meter setelah mesin panas, motor mogok, dan MIL berkedip. Setelah itu kontak di OFFkan lalu di ONkan normal lagi, tapi 500 meter kambuh lagi.
Solusi
Mekanik melakukan pengecekan awal dengan Scann karena sudah terdapat kode kerusakan. Detail data scann injeksi menunjukkan injector bad sirkuit (ada rangkaian yang bermasalah). Mekanik jangan terlalu dini simpulkan itu rusak injektornya sebelum memastikan lainnya dulu. Injector dicek secara terpisah dibersihkan dan dikalibrasi, ternyata hasilnya bagus berarti injector tidak masalah. Jika mekanik yang SOPnya tidak bagus dan terburu-buru bisa langsung ganti injector dan masalah belum beres. Kasihan kan konsumennya.
Usaha berikutnya…….
Cek wiringnya atau kelistrikanya bagus. Metode mengeceknya ya fokuskan hanya di rangkaian kinerja injektor, saat dicek arus listrik ke injektor, jika normal akan menunjukkan voltase 12 V (hasil cek normal). Selanjutnya cek masa atau ground yang terkait injektor, ternyata masa/ground masih bagus, sehingga disimpulkan sirkuit kelistrikan terkait injector bagus. Praktis tinggal ECU saja yang pantas dicurigai. Setelah ganti ECU masalah beres.
    SOP Mekanik injeksi sampai ketemu ECUnya Rusak :
  1. Mil berkedip menunjukkan injector rusak tidak terbukti karena Injector tidak rusak.
  2. Pastikan dengan Scanner injeksi yang berkualitas.
  3. Cek Wiring injektor masih bagus.
  4. Berarti yang meragukan ECU.
  5. Ganti ECU Orisinil sekitar 750 ribu sesuai dengan kesepakatan konsumen.
Referensi
Bengkel motor injeksi Jawa Tengah yang masuk redaksi Auto Champion, dan sudah discreening instruktur ahli Auto champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta