Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Jangan Engkau Sedih Karena Dunia


Jangan Engkau Sedih Karena Dunia

Kesedihan yang mendalam hal yang niscaya dialami manusia. Termasuk kesedihan karena urusan dunia, diantaranya bisnis/perniagaan, kedudukan, dan perkara dunia lainya. Orang bisa sedih karena terluput dari hal-hal besar, bisa sedih pula karena haknya diambil orang, bisa sedih juga karena pesaing yang semakin ketat dalam bisnis. Namun penyikapan kesedihan yang salah bisa berakibat fatal.
Belum lama saya saksikan sendiri hanya karena ditipu orang, hingga uang hilang sampai gila. Ada yang akhirnya larut dalam kesedihan dan mematikan potensi-potensi terbaiknya meski tidak gila. Sebaiknya saat diuji dengan seuatu yang menyedihkan terlebih hanya urusan dunia, mengembalikan urusanya kepada Allah. Perhatikan ayat, hadits dan atsar para sahabat nabi agar hati lebih tenang dan terbebas dari kesedihan.
Ayat ini akan membimbing kita bahwasaya tidak hanya kesedihan yang harus kita waspadai, tapi segala kemudahan dan kesuksesan juga harus diwaspadai untuk tidak sombong dan berbangga diri. Al-Hadid ayat 22-23
22.“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah”
23.(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri”
Jangan Merasa Lambat rezekinya
Tiada suatu amalan pun yang mendekatkan ke surga kecuali aku telah perintahkan kalian denganya dan tiada suatu amalanpun yang mendekatkan ke neraka kecuali aku telah larang kalian darinya. Sungguh salah seorang diantara kalian tidak akan lambat rizkinya. Sesungguhnya jibril telah menyampaikan pada hatiku bahwa salah seorang dari kalian tidak akan keluar dari dunia (meninggal dunia) sampai disempurnakan rizkinya. Maka bertakwalah kepada Allah wahai manusia dan perbaguslah dalam mencari rizki. Maka apabila salah seorang diantara kalian merasa/mengganggap bahwa rizkinya lambat maka janganlah mencarinya dengan bermaksiat kepada allah karena sesungguhnya keutamaan/ karunia Allah tidak akan didapat dengan maksiat” (Shahih, HR. Al-Hakim no.2136 dari Ibnu Ms’ud Radhiyallahu ‘anhu)
Jangan Engkau Sedih Karena Dunia
Bisa jadi kita dipalingkan dari sedikit materi dunia untuk digantikan oleh Allah yang lebih baik. Di bawah ini pesan emas dari ulamanya para sahabat, beliau adalah Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu.
bisnis jangan putus asa
Referensi :
http://salafy.or.id/blog/2005/04/17/bersabarlah-jangan-sedih-wahai-saudaraku/

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta