Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kelemahan Rem ABS

Kelemahan Rem ABS
Saat ini sudah banyak produsen sepeda motor mengaplikasikan sistem rem ABS, sebut saja Nmax ABS, Ninja 250 FI ABS, CBR 250 R ABS dan motor lainya. Perkembangan teknologi ini dimaksudkan untuk lebih safety saat pengereman. Pembelipun sekarang sudah cerdas mereka jika dihadapkan pilihan yang sudah pakai ABS dan yang belum, lebih memilih yang sudah bersistem ABS karena selain tujuan keamanan, juga untuk dijual kembali memiliki harga yang lebih tinggi dan mudah dijual. Namun begitu semaju-majunya teknologi buatan manusia ada kelemahanya, ini diantara kelemahan yang harus di ketahui :
  1. Kinerja terganggu saat kena kotoran disekitar speed sensor. Rem ABS Tidak Stabil Saat Rem Ditekan.
  2. Sangat sensitif dengan kekocakan pada sistem mekanis, dan berpengaruh dengan kineja. Rem ABS Tidak Stabil Saat Rem Ditekan.
  3. Di salah satu literatur yang saya baca, rem tidak pakem di jalan berkerikil, atau kontur jalan tidak rata, atau saat rem basah terkena air. Dalam 3 keadaan ini rem ABS tidak bekerja dengan normal, benar dan tidak yang ini saya sendiri belum pernah mencoba.
  4. Jika motor dengan sistem rem ABS melakukan pengereman dan yang di belakang kita atau depan kita menggunakan rem non ABS, besar kemungkinan terjadi kecelakaan, karena beda stabilitas pengereman. Sehingga harus bijak menggunakan rem ABS di lalu lintas saat ini, karena semua kendaraan belum aplikasi rem ABS.
Terima kasih



Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta