Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio Soul GT Sering Mati Mendadak

Mio Soul GT Sering Mati Mendadak
Problem
Siang hari Mekanik motor (Rahmat Motor) kedatangan seorang teman bengkel motor mengendarai motor injeksi Yamaha Mio GT dengan keluhan sering mati mendadak dan minta untuk diperbaiki. Kasus ini bagi Rahmat Motor merupakan kasus yang jelimet dan lama penangananya. Itu terkadang dihadapi bengkel motor, bahkan ketika saya tanya baru kali ini sejauh beliau buka bengkel. Hmm makin seru saja.
Solusi
Saat dilakukan pengecekan, yakin kalau koilnya yang bermasalah, kemudian diganti koilnya. Setelah selesai dirapikan, saatnya uji coba sebentar, Alhamdulillah penyakitnya sembuh. Setelah 2 hari ternyata teman itu datang lagi dengan mengendarai mio GT yang sama dengan keluhan penyakitnya belum sembuh.
Sabar-sabar.…..
Lanjut pengecekan kembali dengan lebih teliti sampai dengan penggantian part yang dirasa bermasalah, sistem tukar dulu dengan motor lain sebelum dieksekusi, diantaranya Throttel Body Assy, ECU, Spul Assy, Fuel pump/pompa injeksi, tapi tetap saja penyakitnya belum sembuh.
Masih harus sabar…….
Lanjut kabel body diganti, lalu dicoba dari jam 20.00 WIB sampai 23.30 WIB lancar tidak ada mati mendadak lagi. Keesokan harinya jam 06.30 WIB uji coba lagi untuk memastikan kalau mio GT sudah benar-benar sembuh dari penyakitnya,dengan menempuh jarak kurang lebih 20 km. Saat di perjalanan lancar, tapi pas sampai di depan rumah mesin mati lagi (belum berhasil juga). Sudah pusing, dibiarkan 1 malam merefres pikiran.
Harus bisa…………..
Paginya sudah fres, cek ulang lagi, dan terakhir cop busi diganti orisinil, sebenarnya baru diganti sama teman, tapi imitasi merek FDR. Setelah diujicoba, Alhamdulillah untuk kali ini penyakit benar-benar sudah sembuh. Melalui uji coba yang cukup memakan waktu dan pikiran, akhirnya Mio GT ini bisa sehat kembali dengan penggantian part 3 jenis, yang pertama koil, kedua kabel body, ketiga cop busi.
mio gt sering mati mendadak

motor injeksi sering mati mendadak

mati mendadak ganti cop busi orisinil


Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi Rahmat Motor Magelang yang masuk redaksi Auto Champion.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta