Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio 125 Injeksi Pagi Susah Dihidupkan, Saat Mau Hidup Tidak Stasioner

Mio 125 Injeksi Pagi Susah Dihidupkan, Saat Mau Hidup Tidak Stasioner
motor injeksi tidak stasioner





Problem
Kasus Yamaha Mio 125 injeksi 2015 , motor saat pagi hari susah dihidupkan, tapi ketika mau hidup putaran mesin tidak mau langsam (stationer). Detailnya, tersendat sendat, dan jika digas mendadak, mesin langsung mati. Motor ini limpahan dari bengkel sebelumnya yang tidak sukses perbaikannya.
Solusi
Bongkar pompa bensin dalam tangki terus dibersihkan, çek semprotan bensin ( setelah pompa dibersihkan semprotan lancar). Kemudian scann dengan alat scanner, mesin dihidupkan dan lancar, tapi beberapa saat kemudian, putaran mesin ngadat tidak mau langsam. Lalu setel putaran langsam sesuai standar ( kekiri putaran mesin tambah tinggi ke kanan putaran berkurang), setelah diçek mau langsam sebentar, lalu dibiarkan hidup 5 menitan lalu dimatikan, saat dihidupkan kembali, putaran mesin masih tidak mau langsam.
Usaha berikutnya……..
Selanjutnya çek dengan alat scanner lagi. Nilai angka throtle angle di posisi 28 derajat, mungkin ini penyebabnya. Lalu kendorkan baut pengunci setelan otomatis (bisa digeser ke atas bawah lalu setel dikisaran 14,1 derajat. Lalu baut dikencangkan dan test lagi, kali ini putaran mau langsam dan dihidupkan selama kurang lebih 10 menit, lalu matikan selama kurleb 15 menit, kemudian mesin coba dihidupkan dan mau langsam. Jangan langsung serahkan konsumen, ditest dulu 2 hari ini, ternyata mesin sudah normal kembali.
stel stasioner mio 125 injeksi
Catatan :
Untuk baut pengunci pakë baut L bintang tapi ada tonjolan tengah, untuk mempermudah sebaiknya copot baut lalu hilangkan tonjolan tadi dengan dibor 3mm. maklum harus menggunakan kunci L bintang, tapi yang tengahnya berlubang, tp agak sulit nyari kunci tersebut. Untuk mengaakalinya baut tersebut kita lepas dulu dengan cara diketok atau pakë tang jepit (harus melepas trotle bodi dulu). Setelah itu tonjolan di baut penyetel kita hilangkan atau bisa juga baut kita ganti dengan baut L bintang biasa.


Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi Purbalingga Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion


Terima kasih


Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta