Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

CB150R Diservis dan Ganti Lampu Malah Brebet Padahal Awalnya Hanya Berat Tarikanya

CB150R Diservis dan Ganti Lampu Malah Brebet Padahal Awalnya Hanya Berat Tarikanya
motor injeksi brebet

Problem
Ada CB150 R barusan servis/tune-up sekalian ganti lampu di bengkel sebelah, tapi setelah servis kok malah mbrebet kalo mau diajak berlari kencang, padahal sebelumnya tidak ada masalah, cuman agak berat tarikannya.
Solusi

Kemudian mekanik langsung servis motor tersebut. Setelah mekanik bongkar, yang pertama diperiksa adalah businya, ternyata hasil pembakarannya bagus (warna agak kecoklatan/merah bata). Kemudian lanjut ke injektor dibersihkan dan trhotle body dibersihkan juga. Setelah semua selesai, dipasang semua partnya, sekalian saat menghidupkan dipasang pengukur tekanan pompa bahan bakarnya. Mesin dihidupkan dan semua berjalan normal, saat stasioner tekanan pompa bahan bakar juga normal.Tapi pada saat gas ditarik pada kecepatan menengah, baru terasa brebetnya.

Usaha Berikutnya………...
Tekanan pompa sempat ngedrop, mekanik berpikir pompanya, tapi sebelum pompa dibongkar, mekanik melakukan pengecekan pada sistem pengisiannya, ternyata saat di gas, pengisian cenderung turun. Berdasar pengalaman sebelumnya, mekanik berfikir spulnya terbakar atau kiproknya bermasalah. Setelah dibongkar spulnya tidak ada masalah. Pengecekan selanjutnya kiproknya, kebetulan pas ada kiprok aspira untuk CB150 R langsung dicoba dipasang dan dihidupkan mesinnya, ternyata penyakitnya belum hilang.
Lanjut jangan menyerah……...
Kemudian mekanik berfikir, apakah ada beban lebih, sehingga sistem injeksi terganggu, lalu dicoba untuk menjumper aki dengan aki lain yang setipe, atau bisa juga dengan cas aki, lalu coba mesin dihidupkan kembali, dan jrenggggg penyakitnya sembuh. Mantab !!!.

Lalu mekanik teringat keterangan pelanggan, katanya habis servis sama ganti lampu depan, kemudian mekanik cek lampu depanya, ternyata lampunya dikasih watt 100/90 merek tidak jelas alias bukan orisinil. Kata mekanik sebelumnya biar lebih terang. Kemudian langsung diganti dengan ukuran watt 60/50 dan langsung mesin dihidupkan kembali dan dicoba jalan digas dengan berbagai variasi putaran dan Alhamdulillah penyakitnya sembuh total.

Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion.


Terima kasih



Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta