Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Bekerja Agar Bernilai Ibadah

Bekerja Agar Bernilai Ibadah
Seorang muslim yang baik dan cerdas akan berupaya bagaimana caranya agar segala aktivitas kehidupan bisa bernilai ibadah. Termasuk bekerja mencari nafkah, baik itu untuk kita sendiri, untuk anak dan istri kita atau untuk kedua orang tua yang sudah renta. Semua itu tergantung cara mengelola hati kita (niatnya), begitu yang saya simpulkan ustad Abu Muhammad Farhan pada salah satu pelajaranya.
Pelajaran tersebut termasuk nasehat yang bagus diantara point-point pentingnya yaitu :
  1. Agar seseorang yang bekerja memenuhi kebutuhanya, capeknya, peluh keringatnya, pikiranya, tidak sekedar hanya mendapatkan bagian dari dunia semata tanpa nilai ibadah.
  2. Bekerja mencari nafkah halal jika diniatkan ibadah dan ikhlas kepada Allah, selain mendapatkan bagian dari dunia, kita mendapatkan pahala bahkan terhitung di jalan Allah, saya tekankan lagi jihad di jalan Allah (jihad fii Sabilillah)
  3. Pintu ibadah sangat luas dan beragam salah satunya bekerja mencari rezeki halal, bisa menuai pahala dengan menghadirkan niat karena Allah.
  4. Bekerja akan bisa mensucikan dirinya dari dosa, karena jika bekerjanya dia niatnya benar akan bernilai ibadah dan bisa menghapus dosa-dosa kita, karena manusia tempatnya salah dan dosa baik disengaja ataupun tidak.
  5. Orang yang bekerja karena riya, berbangga diri, ingin dipuji dia berjalan di jalan Setan. Bisa jadi merasa tinggi hati dengan profesinya, tinggi hati dengan jumlah ordernya atau track recordnya. Kita berlindung kepada Allah dari sifat ini.

Referensi :
Salah satu cuplikan dars (pelajaran) pada siaran Radio Tasfiah Temanggung, nara sumber ustad Abu Muhammad Farhan.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta