Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Sistem Pengisian Aki Motor Injeksi Mio J Tidak Normal

Sistem Pengisian Aki Motor Injeksi Mio J Tidak Normal
Kondisi aki yang normal pada motor injeksi yamaha mio j merupakan modal penting sehatnya sistem injeksi. Bahkan cek kondisi aki dan sistem pengisian termasuk pengecekan utama yang harus dilakukan.
Problem
Pemilik motor mengeluhkan pengisian aki motor injeksi mio J tidak ada, lampu utama mati dan minta diganti spul pengisianya.
Solusi
Mekanik bilang dicek dulu saja nanti pasti ketemu penyakitnya jangan langsung ganti spul. Setelah sepakat, kemudian lanjut pengecekan pengisian, sebelum diperbaiki hanya 10 volt saat kunci kontak On. Kemudian mekanik mengecek spul, ternyata kabel spul sudah diganti dan pengerjaannya sembrono. Solusinya ringan, kabel pengganti dilepas dan mekanik pakai lagi kabel yang aslinya serta memastikan jalur kelistrikan sudah baik. Setelah proses selesai, kembali pengecekan pengisian Alhamdulillah sudah normal semua termasuk lampu utama sudah hidup. Sekalian reset kode kerusakan injeksi yang tersimpan di ECU, karena sebelumnya ada penggantian MAQS ( Modulated Air Quantity Sensor) dan belum di reset.
Referensi :
Kasus ringan Bengkel Motor Injeksi Rahmad Motor yang masuk redaksi Auto Champion dengan penyesuaian bahasa.
Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta