Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda CB 150 R Tidak Stasioner dan Boros

Honda CB 150 R Tidak Stasioner dan Boros
Problem
Honda CB 150 R dari rujukan bengkel sebelah dengan keluhan tidak bisa stasioner, konsumsi BBM boros, asap hitam pekat, setelah dicek MIL (Mal Function Indicator Lamp) tidak menyala.
Solusi
Old CB150 R sitem injeksinya open loop, karena tidak pakai sensor O2. Mekanik coba bersihkan mulai dari injektor, throtle body, pompa bbm dan ganti filternya, busi juga dibersihkan dan diukur gapnya. Tetapi tidak ada perubahan (perlu diketahui tekanan pompa bbmnya normal).
Setelah semuanya sudah dicek dan normal semua, barulah si pelanggan bilang: “gmn klo di cobain semua part injeksi punya CB150R kakak saya?. Selang beberapa lama, si pelanggan balik kembali ke bengkel dgn membawa old CB150R kakaknya, dan semua part dicoba mulai throtle body+injektornya, pompa bbm+sekalian tangkinya (daripada nguras bbm hehehe..), dan hasilnya tetap nihil. Tinggal 1 yang belom dicoba yaitu ECU/ECM. Lansung aja eksekusi tukar ECMnya, jreng asap hitam pekat lansung hilang mesin bisa stasioner dengan normal. Ternyata masalah ini tidak dideteksi dengan scann tool, wajar saja karena data ECU tidak terhubung ke Scann tool.

Refersensi :
Kasus Bengkel Injeksi Wahyu Motor Sidoarjo yang masuk redaksi Auto Champion. Pent- sudah diedit seperlunya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion
Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta