Honda CB 150 R Tidak Stasioner dan Boros
Honda
CB 150 R Tidak Stasioner dan Boros
Problem
Honda
CB 150 R
dari
rujukan bengkel sebelah dengan
keluhan tidak
bisa
stasioner, konsumsi BBM boros,
asap hitam pekat, setelah dicek MIL (Mal
Function Indicator Lamp)
tidak
menyala.
Solusi
Old
CB150 R
sitem injeksinya open loop, karena tidak
pakai sensor O2. Mekanik coba
bersihkan mulai dari
injektor, throtle body, pompa bbm dan
ganti filternya, busi juga
dibersihkan dan diukur gapnya. Tetapi
tidak ada perubahan (perlu diketahui
tekanan pompa bbmnya normal).
Setelah semuanya sudah dicek dan normal semua, barulah si pelanggan bilang: “gmn klo di cobain semua part injeksi punya CB150R kakak saya?”. Selang beberapa lama, si pelanggan balik kembali ke bengkel dgn membawa old CB150R kakaknya, dan semua part dicoba mulai throtle body+injektornya, pompa bbm+sekalian tangkinya (daripada nguras bbm hehehe..), dan hasilnya tetap nihil. Tinggal 1 yang belom dicoba yaitu ECU/ECM. Lansung aja eksekusi tukar ECMnya, jreng asap hitam pekat lansung hilang mesin bisa stasioner dengan normal. Ternyata masalah ini tidak dideteksi dengan scann tool, wajar saja karena data ECU tidak terhubung ke Scann tool.
Setelah semuanya sudah dicek dan normal semua, barulah si pelanggan bilang: “gmn klo di cobain semua part injeksi punya CB150R kakak saya?”. Selang beberapa lama, si pelanggan balik kembali ke bengkel dgn membawa old CB150R kakaknya, dan semua part dicoba mulai throtle body+injektornya, pompa bbm+sekalian tangkinya (daripada nguras bbm hehehe..), dan hasilnya tetap nihil. Tinggal 1 yang belom dicoba yaitu ECU/ECM. Lansung aja eksekusi tukar ECMnya, jreng asap hitam pekat lansung hilang mesin bisa stasioner dengan normal. Ternyata masalah ini tidak dideteksi dengan scann tool, wajar saja karena data ECU tidak terhubung ke Scann tool.
Refersensi :
Kasus
Bengkel Injeksi Wahyu Motor Sidoarjo yang masuk redaksi Auto
Champion. Pent- sudah diedit seperlunya.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion
Kursus
Mekanik Motor Terapan di Jogja/Yogyakarta