Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Injeksi Hilang Pengapian, Fuel Pump Tidak Berfungsi dan Injektor Tidak Berkerja dan Panas

Motor Injeksi Hilang Pengapian, Fuel Pump Tidak Berfungsi dan Injektor Tidak Berkerja dan Panas
Beat pop pompa tidak bunyi

Problem
Honda Beat esp FI (Fuel Injection) tidak muncul apinnya, pompa injeksinya juga tidak berfungsi ditandai dengan diam, selain itu injektornya tidak berkerja dan panas. Dibutuhkan paham motor injeksi dan punya alat pendukungnya bukan tebak-tebakan karena menyangkut sensor-sensor injeksi yang mahal. Penyebab parahnya penyakit motor injeksi Honda Beat esp tersebut sebetulnya karena sudah di bawa ke bengkel yang tidak paham motor injeksi, jadinya sebagai ajang praktek atau kelinci percobaan. Bukanya kerusakan awal sembuh malah tambah parah dan kena biaya servis dan spare part injeksi yang mahal
Solusi
Pak Hasan mekanik motor injeksi di Pasar Rebo Jaktim hubungi saya lewat whatsapp saya jawab kondisisi tersebut bisa karena ECU/ECM dan injektor ada hubungannya dengan pompa cek kabel kabelnya ada putus atau gangguan. Pak Hasan Mekanik motor injeksi kabari lagi kalau ternyata sudah banyak bekas dijamper-jamper oleh bengkel motor sebelumnya. Injektor juga panas padahal kunci kontak baru di on kan sebentar. Parah itu dia jika tidak diserahkan ahlinya.
Akhirnya korbanya komponen ECU dan Injector menjadi rusak. Selain itu harus dinormalkan jamperan kabel-kabel tadi. Bereskan juga kabel di seonsor CKP yang tadi dijamper-jamper. Padahal harusnya hanya tinggal disambung kabel yang dari sensor CKP karena ada putus ditengah kabel yang menuju sensor CKP. Karena mekanik motor awal tidak punya alat dijamperlah injectornya dengan kabel dimasukilah arus positif aki itu dia sebabnya.
Solusinya ya hanya sambung kabel putus yang di CKP lepas jamperan kabel-kabel kemudian ganti ECU dan Injector, masalah beres. Harga komponenya ECU/ECM harga: 1.150jt dan injector harga: 280 ribu ditambah jasa perbaikan: 85 ribu moggo ditotal sendiri.
Referensi :
Kasus Kerusakan Motor Injeksi Honda Beat Pop tahun 2015 FI pada bengkel Tara Djaya Motor jalan Kalisari Pasar Rebo Jakarta Timur yang konsultasi ke Auto Champion Training Center.

Terima kasih

Dadang Auto Champion

Kursus Mekanik Motor Terapan di Jogja