Servis Suzuki Nex dan Atasi MIL Nyala Terus Sistem Injeksinya
Servis
Suzuki Nex dan Atasi MIL Nyala
Terus
Sistem Injeksinya
Problem
Kamis
pagi sekitar jam 07.00 WIB, datang salah satu pelanggan dengan motor
SUZUKI NEX (motor
suzuki injeksi).
“Service mas” katanya, motor
injeksinya
tanpa ada keluhan yang disampaikan, Kemudian
jam
08.00 WIB mulai Mekanik
kerjakan, diantaranya
service ringan + pengecekan CVT setelah selesai lanjut pengecekan
kerja komponen FI
(Fuel Injection). Di
sini mekanik
motor
temukan problem,
yaitu
setelah kunci kontak dihidupkan
MIL
menyala tanpa berkedip,
begitu
pula
saat
mesin
dihidupkan
tetap sama MIL
menyala tanpa berkedip.
Anehnya motor bisa hidup dengan normal tanpa kendala, meski
demikian, prinsip sebagai mekanik harusnya saat ada gejala yang tidak
normal segera lacak agar tidak ada problem selanjutnya. Atau
melakukan langkah antisipasi sebelum ada kerusakan motor.
Solusi
Kemudian
Mekanik
pergunakan mode swit selector MIL berkedip cepat 4x, yang di kode
kerusakan motor
Suzuki ternyata
belum
mekanik termukan ada
kode sperti itu di daftar kode MIL kerusakan motor Suzuki injeksi.
Langkah
selanjutnya, mekanik melepas
box bagasi, sasaran no 1 ISC (Idle
Speed Control),
Mekanik
sentuh dan kunci kontak dihidupkan
lalu dimatikan
sampai 5x, kesimpulan jika
ISC motor
injeksi yamaha
bermasalah, kadang gerak kadang tidak. Selanjutnya
pelepasan ISC dan pembersihan baik ISC maupun TB (Throttle
Body).
Setelah
yakin sudah bersih pasang kembali dan ketika ISC disentuh
lalu kunci kontak dihidupkan
dan matikan sampai 5x hasilnya tetap sama [kadang bergerak dan kadang
tidak] belum
berhasil.
Usaha
berikutnya………..
Sementara
waktu mekanik
tinggalkan pekerjaan ini untuk mengerjakan unit entri yang
lain.Tibalah waktunya untuk melanjutkan PR siang tadi. Jam
menunjukkan pukul 20.00 WIB. Mekanik
lakukan tes dengan multi tester dari ke-4
kabel dari ISC ke ECM salah satunya yang tidak nyambung [warna hijau
bergaris tipis kuning] atau
kabel body menurut asumsi mekanik.
Selain
dengan menggunakan multi tester, mekanik tersebut menerapkan tarik
paksa kabel dan ketahuan yang bagian putus di
kabel tersebut, berarti cocok.
Setelah
semuanya disambung
dan dirapikan
sampailah saatnya pengecekan komponen sistem
injeksi (FI),
alhasil,
sudah tidak ada lagi kode kerusakan yang muncul. kemudian mekanik
lakukan reset ECM. Masalah
beres.
Referensi
:
Kasus
bengkel motor injeksi dan motor karbu, Rahmad Motor, Grabak kab
Magelang barat lapangan SMA N 1 Grabag Belakang Warung yang masuk ke
redaksi Auto Champion
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion