Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Mio J Mati Jika Jalan Jelek atau Polisi Tidur

Motor Mio J Mati Jika Jalan Jelek atau Polisi Tidur
Problem
Motor Yamaha Mio J (motor injeksi) jika ketemu jalan jelek atau polisi tidur mati-mati. Uniknya tangki bensin penuh tidak seperti itu, Sayangnya saat mau ukur tekanan pompa injeksi, belum punya Alat Pengukur Tekanan Pompa Injeksi.
Solusi
Mekanik melakukan scann dan kedetek injectornya rusak, kemudian diganti dengan orisinil injektor yamaha, tapi tetap mati-mati. Padahal kondisi setelah diganti injector yang baru (injector orisinil yamaha), discann lagi injektornya normal tidak ada indikator MIL atau sensor yang rusak pada alat scanner. Setelah dengan berbagai upaya, akhirnya ganti injektornya pakai injector racing merek Juken (dengan asumsi yang ori 6 lubang dan yang racing 9 lubang injektornya) masalah beres. Sebelumnya mekanik juga pernah menerapkan kasus yang mirip tersebut pada motor yamaha X ride.
Komentar penulis :
Menurut saya pribadi penyelesaianya kategori unik, karena motor juga belum bore up dan masih standar, tapi dipasang injector orisinil yamaha tidak sembuh problemnya. Giliran dipasang injector racing langsung sembuh. Saya anggap saja sebagai khazanah ilmu trouble shooting sepeda motor injeksi yang selalu dinamis dan saya katakan relatif diluar pakem.



Referensi :
Kasus bengkel motor injeksi pak Iwan Indramayu yang komunikasi by phone dan masuk ke redaksi Auto Champion



Terima kasih




Dadang Auto Champion