Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Teliti Trouble Shooting Electrik Starter

Teliti Trouble Shooting Electrik Starter

Problem
Dielektrik Starter tidak mau hidup tapi dienggkol hidup motornya.
ini detailnya ……….
Assalamu'alaikum
apa kabar pak dadang...??
pak saya
Sepnu Paryanto alumni auto champion feb 2015 (sekarang mekanik bengkel Ahass)
pak mau tanya, udah pernah ngalami mio j, dielektrik starter motor gak mau hidup,tapi kalo diengkol langsung hidup. Padahal sudah diganti: busi, brostel ,dan akipun masih baru. Sebelumnya trima kasih pak.



Solusi
Saya (Dadang) jawab pastikan harus bisa (itu sudah diajarkan di sini), pastikan malam ini bisa. Saya sempat sarankan dicoba lepas CVT tanpa beban alias lepas V-Belnya dulu. Motor juga saya sarankan test terpisah, dengan asumsi jika aki bagus dan sirkuit elektrik starter normal berarti tetap masalah motornya karena problem muternya lemah.
Setelah murid saya hubungi lagi……. Ini jawabanya…...

Awalnya saya ganti aki yg masih fit dulu, tapi distarter tetep gak mau, kemudian lanjut saya buka dinamonya, dan ternyata rotornya sudah aus, dan pemasangan brush holder(bostel) cuma disambung aja, gak di solder. karena kebetulan ada brostel baru juga, saya ganti sekalian brostel yang dapet +/positif aki itu dengan disolder. Setelah pasang kembali bisa dielektrik starter dengan normal dan mesin langsung hidup.

Intinya dinamo starter bisa muter tapi lemah karena arus tidak bisa terkoneksi dengan baik dengan pemasangan kabel yang diplintir biasa, itu juga berbahaya karena rawan memercikkan api, padahal arusnya angsung dari aki ke dinamo sangat besar bisa rawan kebakaran di pom bensi atau tempat yang rawan kena percikan api.

cara ganti brush motor starter
 tidak boleh hanya diplintir seperti itu, harus disolter

ganti sikat motor starter
 tidak boleh hanya diplintir seperti itu, harus disolter


Terima kasih


Dadang Auto Champion