Teliti Trouble Shooting Electrik Starter
Teliti
Trouble Shooting Electrik Starter
Problem
Dielektrik
Starter tidak mau hidup tapi dienggkol hidup motornya.
ini
detailnya ……….
Assalamu'alaikum
apa kabar pak dadang...??
pak saya Sepnu Paryanto alumni auto champion feb 2015 (sekarang mekanik bengkel Ahass)
pak mau tanya, udah pernah ngalami mio j, dielektrik starter motor gak mau hidup,tapi kalo diengkol langsung hidup. Padahal sudah diganti: busi, brostel ,dan akipun masih baru. Sebelumnya trima kasih pak.
apa kabar pak dadang...??
pak saya Sepnu Paryanto alumni auto champion feb 2015 (sekarang mekanik bengkel Ahass)
pak mau tanya, udah pernah ngalami mio j, dielektrik starter motor gak mau hidup,tapi kalo diengkol langsung hidup. Padahal sudah diganti: busi, brostel ,dan akipun masih baru. Sebelumnya trima kasih pak.
Solusi
Saya (Dadang) jawab pastikan harus bisa (itu sudah diajarkan di sini), pastikan malam ini bisa. Saya sempat sarankan dicoba lepas CVT tanpa beban alias lepas V-Belnya dulu. Motor juga saya sarankan test terpisah, dengan asumsi jika aki bagus dan sirkuit elektrik starter normal berarti tetap masalah motornya karena problem muternya lemah.
Saya (Dadang) jawab pastikan harus bisa (itu sudah diajarkan di sini), pastikan malam ini bisa. Saya sempat sarankan dicoba lepas CVT tanpa beban alias lepas V-Belnya dulu. Motor juga saya sarankan test terpisah, dengan asumsi jika aki bagus dan sirkuit elektrik starter normal berarti tetap masalah motornya karena problem muternya lemah.
Setelah
murid saya hubungi lagi……. Ini jawabanya…...
Awalnya
saya ganti aki yg masih
fit dulu, tapi
distarter tetep gak
mau, kemudian
lanjut
saya buka dinamonya, dan ternyata rotornya sudah aus, dan pemasangan
brush holder(bostel) cuma disambung aja, gak di solder. karena
kebetulan
ada
brostel baru juga,
saya ganti sekalian brostel yang
dapet +/positif
aki itu dengan disolder. Setelah
pasang kembali bisa
dielektrik starter dengan normal dan mesin langsung hidup.
Intinya
dinamo starter bisa muter tapi lemah karena arus tidak bisa
terkoneksi dengan baik dengan pemasangan kabel yang diplintir biasa,
itu juga berbahaya karena rawan memercikkan api, padahal arusnya
angsung dari aki ke dinamo sangat besar bisa rawan kebakaran di pom
bensi atau tempat yang rawan kena percikan api.
tidak boleh hanya diplintir seperti itu, harus disolter
tidak boleh hanya diplintir seperti itu, harus disolter
Terima kasih
Dadang
Auto Champion