Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Tahap Sebelum Buka Bengkel Motor

Tahap Sebelum Buka Bengkel Motor
persiapan buka bengkel motor

Persiapan buka bengkel motor harus matang. Harus detail pula mempelajari tingkat persaingan, peluang, teknis, managemen bengkel, ilmu seputar bengkel motor lainya agar punya dominasi yang tinggi diantara bengkel lainya (ilmu mekanik motor termasuk utamanya persiapan) dan persiapan lainya. Jangan sampai saat membuka bengkel motor, karena kurang persiapan baik segi modal atau pendanaan, mental dan ilmunya malah mentah di tengah jalan atau rencana bisnis tinggal rencana, namun tidak pernah terealisasi. Adapun tahapan buka bengkel masing masing beda tracknya karena tergantung apa yang sudah dimiliki calon pengusaha tersebut. Diantara yang penting untuk tahap persiapan buka bengkel motor adalah :
  1. Belajar ilmu mekanik sepeda motor, menurut pendapat pribadi saya, sebuah bengkel jika jasa mekaniknya atau jasa servisnya punya kualitas yang bagus akan menjadi magnet perputaran bisnis bengkel sepeda motor dan bisnis pengembanganya.
  2. Pastikan siapkan modal atau pendanaan yang kuat, kuat di sini tidak harus besar tapi semampunya dulu, maksimalkan yang ada terlebih dahulu. Murid kita ada yang yang modal hanya ratusan ribu sampai jutaan bahkan sampai hitungan milyar. Pastikan jangan sampai riba. Belum tentu bisnis modal besar bisa sukses kalo tidak punya strategi, dan belum tentu bisnis modal kecil susah berkembang jika punya strategi yang bagus. Saya hanya ingin murid saya baik yang modal kecil maupun modal besar bisa sukses dan terus berkembang.
  3. Tempat yang strategis. Jika belum ada, bisa maksimalkan di rumah, garasi atau tempat yang memungkinkan, yang penting jangan sampai merugikan tetangga dan mengganggu tetangga.
  4. Mekanik yang mumpuni dan cepat belajar dan selalu belajar serta update kemampuan. Perhatikan masalah moral dan skillnya.
  5. Suply spare part yang terpercaya sistem pasokanya dan kualitas barangnya. Agar aman dari imitasi, agar tidak dapat spare part KW yang ngaku part asli/original.
  6. Peralatan bengkel motor yang memadai, saat ini investasi alat bengkel injeksi sudah layak di prioritaskan untuk menggebrak pasar dan menjadi yang paling awal di daerah anda, atau setidaknya bisa mengimbangi bengkel modern disekitar anda yang menjadi pesaing. Intinya persaingan sehat.
  7. Antisipasi gagal, harus ada plan A, plan B, syukur sampai Z untuk menghadapi jika bisnis gagal di tengah jalan, diantaranya dengan menyisihkan uang untuk jaga-jaga jika gagal dan persiapan bangkit dari kegagalan tersebut. Merubah strategi atau sistem bertahan dulu jika memang masanya harus bertahan, untuk selanjutnya menyerang lagi sampai sukses.
  8. Surveilah bengkel sepeda motor secara berimbang. Surveilah dan galilah informasi sekalipun harus membayar, baik di bengkel motor yang sudah sukses berkembang ataupun bengkel motor yang gagal dan terhempas dari persaingan keras ketat dan tidak ramah. Kedua ilmu gagal dan sukses tadi akan penting bagi persiapan bisnis bengkel motor kita.
  9. Ilmui tentang efek riba dalam bisnis dengan baik. Sehingga bisnis anda benar benar bebas riba dan tidak tertipu rayuan modal dari bank konvensional ataupun bank syariah yang pelaksanaanya sebenarnya belum syariah.
  10. Persiapkan struktur mental yang baik. Jangan biasa menyalahkan orang atas ketidaksuksesan anda. Biasakanlah untuk selalu bangkit dan cari solusi jika mengalami kegagalan. Ciri khas dasar jika gagal biasanya berbalik arah atau yang paling parah ada yang sudah bosan hidup atau bunuh diri, itu dosa besar.
  11. Dan lain

Terima kasih



Dadang Auto Champion