Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Tidak Semata Skill Untuk Memenangkan Persaingan

Tidak Semata Skill Untuk Memenangkan Persaingan
Skill memang penting dan mendukung untuk memenangkan persaingan usaha termasuk skill dalam usaha bengkel sepeda motor. Namun yang saya ceritakan ini sebenarnya bukan bengkel sepeda motor, tapi bengkel mobil, hanya saja intinya sama yaitu cara pelayanan kepada konsumen yang berbeda dan istimewa. Sehingga jangan hanya andalkan skill/keahlian, tapi pelayanan terbaik juga.
Simak Pelajaranya…...
Studi kasus 2 orang yang saling bersaing yang si A punya skill yang lebih mumpuni adapun si B skillnya dibawahnya si A. Akan tetapi dalam perjalananya justru si B yang skillnya lebih rendah bisa memenangkan persaingan untuk menggaet lebih banyak konsumen. Selain itu si B juga lebih cepat berkembang dengan banyak menyerap karyawan karena sudah kewalahan menangani pelanggan yang lebih banyak. Ini beberapa yang diterapkan oleh bengkel mobil si B sehingga bisa memenangkan persaingan dengan pesaing yang memiliki skill yang lebih tinggi :
  1. Menekankan kepada dirinya sendiri dan karyawanya untuk berbahasa jawa halus, baik kepada yang lebih tua ataupun terhadap yang lebih muda. Ini sangat berkesan kepada konsumen orang Jawa.
  2. Menghargai karyawanya dan memperlakukan mereka dengan baik, bahkan merekrut saudara dan tetangganya sendiri.
  3. Dengan semakin banyaknya konsumen, si B lebih tertantang untuk bisa dan senantiasa belajar sehingga kemampuan dan skillnya cepat meningkat. Belajar, belajar dan belajar.
  4. Selalu upgrade fasilitas bengkel dan mengikuti persaingan dengan bengkel bengkel lainya.
  5. Mudah sharing dan tukar pengalaman dengan orang lain, sangat komunikatif.
  6. Punya tempat yang strategis dan tempatnya aman untuk mobil menginap dengan tertutup gerbang yang rapat.
  7. Tidak berpenampilan sok-sok-an, sopan, tidak tindikan ataupun tatonan. Pemiliknya juga solat jadi lebih tenang konsumenya.
Demikian beberapa yang saya lihat sangat signifikan.
Selain itu perlu ditekankan Aqidah dan keyakinan Islam bahwasanya rizki itu dari Allah, sehingga berusaha bersaing dengan sehat tanpa menjegal dan merugikan orang lain ataupun mendzolimi orang lain.

Terima kasih

Dadang Auto Champion