Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Subtitusi Kampas Rem Yamaha Vixion Yang Mal Praktek

Subtitusi Kampas Rem Yamaha Vixion Yang Mal Praktek

tromol rem yamaha vixion rusak
Tromol rem belakang yamaha Vixion yang rusak, karena salah aplikasi kampas remnya

Murid Auto Champion dari Pemalang mas Lukni ini selain belajar mekanik sepeda motor juga suka otak atik motornya sendiri saat belajar Kebetulan saatnya ganti kampas dan memang kinerja kampasnya tidak ideal. Setelah membongkar kampas rem belakang motornya sendiri Yamaha Vixion, sungguh kecewa. Ternyata Bukan kampas rem yamaha Vixion, tapi kampas rem motor lain (disinyalir milik Yamaha Mio/ masih dugaan juga).

Subtitusi atau pemasangan komponen yang salah bisa berefek fungsi pengereman yang kurang maksimal dan jelas membahayakan. Selain itu jika dilihat justru malah merusak komponen lain diantaranya tromolnya tergerus oleh besi kampas rem. Sebenarnya jika pemakai paham suara atau rasanya saat pengereman itu bisa diantisipasi kerusakan yang lebih parah. Anehnya menurut pengakuan mas Lukni penggantian itu dilakukan di bengkel resmi. Entah khilaf atau memang oknum, yang jelas berusaha berprasangka baik dulu. Toh sekarang sudah diganti dengan miliknya Vixion Original. Ini juga sebagai pelajaran bahwasanya pengetahuan teori dan praktek tentang mekanik sepeda motor sangat penting untuk menjaga safety baik pengendara (untuk antisipasi kerusakan yang lebih parah dan disiplin servis) terlebih sebagai seorang mekanik sepeda motor yang memang usahanya berkutat di bidang servis sepeda motor.

perbandingan kampas vixion dan mio
Jelas Beda jauh dipaksa dipasang disubtitusikan, bisa karena oknum nyleneh atau memang murni khilaf.
Logam kampas bertemu tromol, karena memang bukan pasanganya
saat direm logam ketemu logam, yang warna coklat terang itu karena tromol ketemu logam kampas. parah terlalu dipaksakan subtitusinya.


Terima kasih


Dadang Auto Champion