Seputar Suspensi Upside Down
Seputar
Suspensi Upside Down
Detail suspensi upside down
Detail suspensi upside down
sumber gambar https://www.showa1.com/en/product/motorcycle/detail_shock_absorber_f_sff.html width=740&height=530
Sudah
banyak Motor yang mengaplikasikan suspensi atau sokbeker Upside Down,
seperti motor All New Honda CBR250RR. Upside down dengan namanya
Separate Function Front Fork (SFF). Dari hasil bedah teknologi nampak
tidak biasa karena pada suspensi ato sokbreker tersebut tabung kanan
dan kiri isinya beda. Yaitu di sebelah kiri isinya Damper comp
tugasnya sebagai rebound atau menahan saat suspensi berbalik ke
posisi semula. Adapun yang sebelah kanan befungsi sebagai compression
atau menahan saat mendapatkan kerja atau tertekan ke atas dari roda.
Unik bukan?, itulah suspensi upside down yang bukan suspensi biasa.
Menambah
keunikan juga, hati-hati saat mengisi oli suspensi atau sok beker
upside down, karena kanan dan kiri ukuran pengisian volume oli
berbeda. Untuk takaran oli sebelah kanan lebih banyak yaitu 368mm
kurang dan lebihnya 2,5mm. Adapun fork sebelah kiri lebih sedikit
hanya 320 mm kurang lebihinya juga 2,5mm, pastikan oli standar honda
karena ini standar pengisian volume suspensi atau sok beker untuk
motor All Bew Honda CBR250RR.
Lebih
jelasnya lihat galeri dibawah ini biar lebih jelas.
suspensi upside down kiri
Suspensi upside down kanan
Baut bawah hanya di suspensi kiri, yang kanan buntu
Referensi :
1. Otomotif edisi 31 : XXVI 22-28 Desember 2016.rubrikknowledge
2.https//www.showa1.com/en/product/motorcycle/detail_shock_absorber_f_sff.html?width=740&height=530. (gambar)
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion