Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Honda Beat esp Injeksi/Injection Macet

Honda Beat esp Injeksi/Injection Macet

Problem
Pagi-pagi baru buka, pelanggan panik dengan motor Honda bBat esp-nya (yg sistem staternya pake ACG ga pake dinamo stater) gak bisa distart, baik pake tombol start atau pakai kick starter, padahal aki dlm kondisi sangat bagus soalnya sama pelanggan diganti baru sebelum dibawa ke bengkel.
Solusi

Setelah saya (Mekanik Motor Injeksi, Wahyudi Sidoarjo) cek ternyata lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) atau lampu tanda kerusakan sistem injeksi menyala dan berkedip. Langsung saja saya periksa pake scanner Honda dan ternyata terdeteksi sensor CKP yang bemasalah. Pernah dulu kejadian dengan trouble dan motor yg sama hanya bedanya Honda Beat yang dulu sisitem starternya belum menggunakan ACG, masih pakai DINAMO STARTER. Jadi meskipun terdeteksi sensor CKP bermasalah tetap bisa di starter pake tombol starter tapi ga mau hidup. Kalo yang pakai sistem starter ACG sistem startenya terkoneksi dgn ECU, jadi pas sensor CKP bermasalah sistem starter gak akan bekerja.
kabel CKP putus

Scanner injection honda

Sebelum memvonis sensor CKPnya yang rusak saya coba telusuri kabel CKPnya dulu, eh ternyata benar kabelnya putus karena bergesekan dengan body mesin. Posisi kabelnya ada di bawah throutlebody. Memang asal mulanya hanya kelihatan isolator kabelnya saja yang lecet, eh ga taunya setelah isolatornya kita buka ternyata ada 2 kabel yg lecet dan 1 yang hampir putus. Setelah saya perbaiki dan sambung pakai klem (pent-jangan disambung dengan cara diplintir antara kabel yang satu dengan yang satunya lagi karena akan menambah jumlah hambatan arus yg menuju sensor CKP, sangat riskan untuk sistem injeksi). Setelah itu coba saya ONkan dan ternyata lampu MIL mati dan motor bisa dihidupkan dengan tombol starter (jgn lupa untuk reset/hapus kerusakan yg tersimpan pake scanner terlebih dahulu.


Referensi :
Kasus yang Wahyu Motor Sidoarjo yang masuk ke redaksi Auto Champion

Terima kasih



Dadang Auto Champion