Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Injeksi Honda Beat FI Mesin Pincang

Motor Injeksi Honda Beat FI Mesin Pincang
Problem
Pak Hasan sebagai mekanik motor cukup disibukkan dengan kasus motor injeksi honda Beat FI, unik dan terbilang memakan banyak waktu proses pengerjaanya. Mesin hidup tidak sempurna, cenderung mesin pincang jika sudah hidup. Motor tersebut memang sudah second treatment, dari bengkel motor yang sudah nyerah, bagian injektor ada kabel yang sdudah dirangkai aneh.
Solusi
Pak hasan sebetulnya sudah melakukan sekian treatmen, mulai dari melakukan scann sistem injeksinya, tidak ada tanda DTC yang problem. Sempat telepon saya (Dadang Auto Champion) untuk diskusi dan sharing dari yang ringan sampai yang berat. Intinya upaya pak Hasan sudah sampai menukar throttle body full dengan beat yang normal, tukar ECU, dan apalagi saya sampai lupa. Belum ada perubahan signifikan. Kemudian hub saya lagi, diskusi untuk yang sekian kalinya sampai masalah mengerucut pada sensor CKPnya, saran saya ke pak Hasan, itu yang belum dicek.
Bla bla bla, karena pak Hasan mau berakhir pekan bersama keluarga, akhirnya pekerjaan motor tersebut ditunda setelah liburan, artinya senin tanggal 28 Nov 2016 baru dikerjakan. Tapi pas liburan akhir pekan tanggal 27 Nov 2016, pas makan mie goreng, telintas di pikiran pak Hasan, jangan-jangan spi magnetnya hancur. Akhirnya pagi sekitar jam 6.30 hari senin 28 November 2016 gak sabar langsung bongkar Honda Beat FInya, bener dan langsung telp saya hari ini, saat dibongkar spi magnetnya hancur, dan posisi topnya meleset 4 Gigi timingnya. Setelah diganti, masalah beres. Bener-bener pengalaman yang unik.


Terima kasih





Dadang Auto Champion