Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kerusakan Motor Telat Oli

Kerusakan Motor Telat Oli
Problem
Motor Honda Supra 125 tiba-tiba terasa berat untuk jalan, ketika mau mati pengendara kurangi gigi, kemudian jalan lagi, mau mati lagi kurangi gigi, kemudian jalan lagi, sampai akhirnya motor sudah benar-benar mati. Pengendara coba hidupkan mesin dengan engkol, karena electric starter ga jalan, saat diengkol ga gerak sama sekali. Kemungkinan piston ngancing. pengendara mencoba dorong motor sambil mencari bengkel motor terdekat. Akhirnya menemukan bengkel saya.
Usaha Perbaikan
Sebelum saya kerjakan, saya cek dulu level olinya dan trnyata stick oil levelnya ga basah oli sama sekali. saya simpulkan motor mogok karena kehabisan oli. Karena piston ngancing dan ga bisa diengkol. Akhirnya diputuskan ganti piston dan ring piston, dan kena oversize 50. Setelah jadi oversize , motor saya rakit lagi. Dengan penuh keyakinan tanpa tes, hasil corter pake oli, piston, ring piston,blok silinder dan kop silinder langsung saya rakit. Setelah selesai merakit dan mesin siap dihidupkan ternyata masih berasap, tanda pekerjaan belum berhasil karena masih ada kebocoran oli di ruang bakar dari seker dan ring seker.

Akhirnya diputuskan untuk overhaul sekalian saja barang kali ada problem di stang seker dan laker bandul (catatan jika kasusnya kehabisan oli, lakukan overhaul/turun mesin total untuk mengecek keseluruhan komponen apakah masih normal atau ada masalah). Kemudian saya overhaul. Setelah semua dibongkar ,memang bearing bandulnya sudah aus. Mungkin ini penyebanya, motor masih ngebul (berasap). Kemudian saya putuskan ganti bearing (laker bandul), stang piston, kamprat/kamrat (silent chain) dan bos klep yg katup EX. Setelah semua ganti ,saya coba rakit lagi, ternyata motor masih ngebul (berasap), usaha yang melelahkan, sabar.......
Sudah merasa mentok semua usaha, akhirnya konsultasi dengan Pak Dadang direktur Auto Champion Jogja. Dari pengarahan Pak Dadang ada kemungkinan kesalahan corter/bubut yang keblongan atau kelebaran oversize. Akhirnya motor kembali saya bongkar, dan di ruang bakar basah dengan oli. Dari sini saya mengambil kesimpulan kemungkinan memang corternya (proses bubutnya) keblongan (kelebihan ukuran).
Konfirm terkait kemungkinan proses bubut keblongan.........
Pembuktian tentang keblongan tidak ukuran bubutnya, bisa dibuktikan dengan diukur ulang, atau jika sudah yakin langsung oversize 75 saja atau verbosh sehingga beli piston standar lagi. Kepastian terkait hasil akhirnya, sampai sini dulu ya, sudah ngantuk............... Penasaran?
Sampai sini seharusnya sudah paham karena sudah mengerucut.

Referensi :
Kasus kerusakan motor supra 125 dari Wahyu Delanggu Klaten Jawa Tengah yang masuk ke Redaksi Auto Champion dan sudah disesuaikan bahasanya.



Terima Kasih



Dadang Auto Champion