Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Tips Buka Bengkel Motor Di Rumah

Tips Buka Bengkel Motor Di Rumah
Memiliki usaha sendiri di rumah (bisnis rumahan), merupakan kesenangan tersendiri terlebih bagi pecinta otomotif ataupun hobby mekanik motor, selain dekat dengan keluarga, bebas ongkos sewa, usaha di rumah menjadikan leluasa mengatur waktu jam buka dan tutupnya dengan fleksibel. Salah satu usaha yang bisa jadi alternatif pilihan usaha di rumah adalah bengkel sepeda motor. Usaha bengkel sepeda motor memungkinkan bisa memberikan berbagai pelayanan jasa, diantaranya : penjualan spare part, jualan bensin eceran, assesories motor, servis ringan, modifikasi ringan, servis berat, dan trend yang harus diikuti dengan berkembanganya motor injeksi ini adalah menerima servis motor injeksi.
Ada beberapa saran atau tips agar usaha bengkel sepeda motor di rumah bisa berjalan lancar, aman, dan tidak mengganggu lingkungan atau kesehatan kita :
  1. Manage waktu dengan baik, bagi waktu untuk keluarga, kerja dan saat ibadah terutama jam-jam sholat.
  2. Disiplinlah jam buka dan jam tutup, apabila tidak disiplin anda akan capek sendiri karena bisa jadi pelanggan akan menghubungi anda di sembarang waktu, misal ketuk pintu pas ada motor macet, beli spare pat di malam hari dan alibi lainya yang akan menyulitkan anda sendiri. Lagi pula itu tidak sehat bagi pola hidup anda.
  3. Hindari berisik, meskipun usaha anda usaha bengkel motor, tidak mesti berisik, coba motor tanpa bleyer- bleyer, cukup kendarai dan rasakan (ride and feel). Jika perlu bleyer mesin, fasilitasi dengan peredam suara knalpot, atau bisa anda buat sendiri secara sederhana.
  4. Siapkan dana sosial semampunya, alokasikanlah dana sosial anda selama tidak menyelisihi syariat Islam.
  5. Manage barang bekas atau limbah dengan baik. Selain bisa dijual menghasilkan uang, barang limbah tidak mengganggu lingkungan.
  6. Tahap awal stok spare part fast moving dengan berbagai tingkatan kualitas, baik yang orisinil, aftermarket, kw1 dan kw 2 atau menyesuaikan.
  7. Hindari meminjam uang dengan cara riba untuk pengembangan usaha bengkel motor anda, baik perbankan, KSP, atau pendanaan yang mengaku syariah lainya agar anda tidak terlilit hutang.
  8. Siapkan permodalan dengan baik, sabarlah usaha dengan meskipun masih merambat, jangan emosi lihat ekonomi orang lain. Ada antisipasi usaha gagal.
  9. Buat usaha pendukung relevan misalkan penjualan sepeda motor, jasa cuci motor.
  10. Ikuti trend jangan stagnan, misal akhir-akhir ini banyak produksi motor injeksi, lengkapilah bengkel anda dengan alat scanner injeksi yang memadai dan kelengkapan bengkel injeksi lainya. Mumpung belum banyak bengkel umum yang melayani servis injeksi, jika anda telat update, maka bengkel yang sudah lamapun akan mudah tergusur dengna persaingan, apalagi bengkel yang baru saja buka.
  11. Dan tips-tips lainnya silakan digali dan inovasi sendiri.
Demikian saran dari saya
Terima kasih




Dadang Auto Champion