Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Injeksi Mati Jika Standar Dilepas

Motor Injeksi Mati Jika Standar Dilepas
pompa motor injeksi kotor


Problem
Kasus Motor Injeksi Mio Soul GT jika distandar 2 mau hidup, tapi ketika mau jalan mesin langsung mati. Lampu MIL tidak ada yang nyala, ini pertanda sistem injeksi tidak ada masalah.
Solusi
Pertama bongkar batere lalu lepas jok, cek semua sambungan kabel mungkin ada yang lepas atau putus, ternyata gak ada masalah. Lalu coba pasang aki dan coba dinyalain (masih standar 2) mesin langsung nyala, tapi ketika begel belakang ditekan roda depan terangkat, mesin langsung mati, begitu terus, mesin dinyalakan mau hidup tapi ketika tangki bensin digoyang goyang, mesin langsung mati (mungkin di dalam tangki ada konsleting kabel, dugaan sementara)
Langkah berikutnya, bongkar tangki, lepas slang bensin, konektor kabel pelampung sama pompa juga dilepas, lepas 4 baut dudukan pelampung dan pompa bensin dengan kunci T10, setelah dibongkar ini wujudnya (gambar terlampir). Kemudian lepaskan semua bagian dan bersihkan dengan injector/injektor cleaner atau engine cleaner, setelah selsesai semprot dengan angin sampai benar benar bersih (habis 1/2 liter pertalit buat bersihkan semua bagian sampai benar benar bersih)

pompa injection kotor

Langkah terakhir, finishing.............
Setelah itu rangkai kembali, lalu lakukan tes awal lepas selang yang menempel di injector/injektor, sediakan ember kecil untuk menampung bensin dari tangki, kunci kontak ON maka bensin akan keluar, pertama masih belum lancar, lakukan beberapa kali sampai bensin yang keluar benar benar lancar. Langkah selanjutnya, lepas injektor lalu bersihkan dengan alat injektor/injector cleaner dan tester, setelah bersih, pasang injector dan selang dari pompa lalu coba hidupkan mesin, jreng mesin langsung nyala, motor digoyang-goyang dan mesin tetap hidup stabil. Satu pelajaran berharga mudah mudahan bermanfaat, jika teman-teman mengalami hal yang sama.
Intinya hanya pompa kotor, saking banyaknya kotoran juga ada di dalam pompa, jadi kadang pompa gak maksimal (aliran bahan bakarnya tersendat-sendat) itu yang bikin bahan bakar ke Injector kadang ada, kadang hilang. Termasuk penyebabnya, kebetulan motor starter rusak, jadi menghidupkanya dengan diengkol dan standar 2, itu menyebabkan kotoran ditangki rontok dan mengganggu kinerja pompa.

Referensi :
Kasus Puji Motor Tekno Purbalingga Jawa Tengah yang masuk ke redaksi Auto Champion dengan seleksi.



Terima kasih



Dadang Auto Champion