Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Main Relay Honda Vario Rusak

Main Relay Honda Vario Rusak

Problem
Honda vario 125 kunci kontaknya putus-nyambung, tapi banyak putusnya ketimbang nyabungnya pada saat kunci kontak di ONkan. Dan pelanggan langsung menyalahkan kontaknya yg rusak dan minta ganti kunci kontak assy.
Solusi
Wah entar dulu pak, saya periksa dulu, belom tentu kunci kontaknya kata Saya. Sebab kontak motor Honda vario 125 tidak langsung mengalirkan arus dari aki ke komponen kelistrikan, melainkan arus dari accu (aki) dialirkan kunci kontak ke main relay atau yg biasa disebut relay comp. Start lalu arus tsb dialirkan menuju ke kunci kontak lg kemudian dr kunci kontak tersebut baru masuk ke komponen kelistrikan yg lainnya.
Kemudian saya lakukan pemeriksaan dimulai dari kunci kontak atas permintaan pelanggan dengan AVO meter, dan ternyata tidak ada masalah dgn kunci kontaknya. Kemudian lanjut ke main relaynya dengan menggunakan AVO meter dan tespen, ternyata benar main relaynya yang sudah tidak berfungsi dengan baik dan langsung saja saya eksekusi, setelah dipasang main relay, sistem kelistrikan dapat berjalan dengan normal ( semua pemeriksaan dilakukan dengan disaksikan oleh pelanggan tersebut ). Untung yg rusak main relaynya (relay utamanya) yg harganya cuma 20.000, coba klo langsung ganti kunci kontak assy (nurutin pelanggan) pasti berabe urusannya (lebih mahal dan bukan itu problemnya).

main relay vario rusak

main relay rusak




Referensi :
Kasus pelanggan Wahyu Motor Sioarjo Jawa Timur yang koresponden ke Auto Champion Training Centre. Bengkel umum menerima motor injeksi (Injection).



Terima kasih




Dadang Auto Champion