Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Suara Mesin Berisik Putaran Idle

Suara Mesin Berisik Putaran Idle

Sharing koresponden pengalaman dari Sukawi, Negeri Jiran Malaysia, bahasa sudah diselaraskan...............
            Assalamualaikum bos ini saya mau ikut share bagi saya ini pengalaman. Yaitu motor Kris110 Malaysia. Bunyi gemretak, tak, tek pada posisi idle. Tapi ketika rpm kita naikkan suara halus, pada posisi kunci kontak saya offkan ada bunyi yang tertinggal.
Saya menduga piston sudah rusak. Saya cek exhaustpun tidak keluar asap ketika rpm atas, saya cek ketinggian minyak hitam (oli mesin), olipun masih standar dan saya cek lagi bagian rantai kecik (rantai kamrat)pun masih ketat (kencang) tidak kendor. Usaha berikutnya saya stel kedua klep pakai feeler gauge sesuai standar motor bebek, dan saya hidupkan mesin tapi masih bunyi motor gemretak, kemudian saya bongkar blok silinder dan saya cek  connecting rod ada kekocakan.
Langkah solusi, saya langsung ganti set piston dan pen sekernya dan dioversize, lalu saya pasang piston baru. Perlu diperhatikan untuk pemasangan ke 5 ring piston dan dua ring kompresi, warna putih agak tebal untuk ring kompresi 1 dan yang warna agak gelap ring kompresi 2. Untuk susunan ring piston, kita ikut manual book. Sebelum mesin dihidupkan, kita cek bagian piston, pastikan oli tidak naik ke ruang bakar sebelum mesin dihidupkan!, tata caranya saya ikut buku Trouble Shooting Kerusakan Sepeda Motor Jilid 1 dari Auto Champion Training Centre yang kita beli dulu. Setelah siap, kita rakit semua, dan kita hidupkan mesin, suara jadi halus, terima kasih wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih

Dadang Auto Champion