Old Vixion RPM Naik Turun Cenderung Mati
Old Vixion RPM Naik
Turun Cenderung Mati
Kiriman email dari Agus Wahyudi, Wahyu Motor depan masjid
Darul Ulum RT4/RW2 Buduran Sidoarjo Jawa Timur. (sudah diedit untuk
penyelarasan).
Kejadian ini sudah lama kami alami, baru sekarang saya
kirim emailnya. Ada yamaha old vixion (yang masih menggunakan kapasitor bank)
rpmnya naik turun dan cenderung mati ketika kipas radiator sudah menyala, sudah
dibawa ke beberapa bengkel resmi , tapi hasilnya tidak memuaskan. Di bengkel
resmi, part yang diganti adalah kiprok, setelah kiprok ganti, tidak bertahan
lama penyakitnya kambuh lagi, kemudian sama pemiliknya dikembalikan ke bengkel
resmi lagi, setelah dianalisa sama bengkel resmi disuruh ganti spul, setelah
dibawa pulang ternyata penyakitnya kambuh lagi, kemudian dia balik lagi ke
bengkel resmi, di bengkel resmi, kepala mekaniknya bingung, mereka bilang motor
harus nginap untuk diteliti lebih lanjut, tapi pemilik motor tidak mau kalo
motornya menginap, dan pemilik motor minta part yang diganti tadi dikembalikan,
tapi pihak bengkel resmi agak keberatan, soalnya segelnya sudah kebuka, namun
pemilik merasa bahwa penyebab penyakit motornya bukan disebabkan oleh part
tersebut.
Upaya cari solusi lebih lanjut........
Selang beberapa hari setelah dapat info dari teman
tentang bengkel kami (Wahyu Motor), pemilik motor datang dengan menceritakan
penyakit motornya. Saya berfikir sejenak, soalnya saya juga pernah mengalami
hal tersebut, tapi setelah saya ganti kiprok, motorpun kembali normal. Akhirnya
saya coba untuk mengecek satu persatu yang berkaitan dengan charging sistem
sampai saya buatkan kapasitor bank sendiri, saya berfikir kemungkinan kapasitor
banknya yang lemah (kondisi aki agak soak). Setelah saya pasang, tidak terjadi
perubahan yang signifikan, kemudian saya coba untuk cek sekringnya lagi, tapi
sekringnya tidak putus, lalu saya coba bersihkan rumah sekering sama konektor sekringnya,
kemudian saya pasang lagi sekringnya, tapi penyakitnya tetap bercokol. Saya
lalu berfikir apa mungkin sekringnya? Padadahal kan sekringnya ga putus, tapi
apa salahnya saya coba ganti sekringnya dengan yang baru, eh ladalah ternyata
penyakitnya hilang mas. Kejadian yang memusingkan sampai terjadi percekcokan di
bengkel resmi akibat salah paham, ternyata penyebabnya barang kecil yang
bernama sekring dengan ukuran 20A.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion