Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Prosedur Pemasangan Baut

Prosedur Memasang Baut

            Overhaul (turun mesin) sepeda motor melibatkan pelepasan baut yang banyak. Kita sebaiknya memisahkan komponen tertentu saat membongkar, misal komponen blok silinder head, blok piston, blok magnet, blok kopling dan blok kruk as semua disendirikan pada tempat yang berbeda agar memudahkan saat mau merakit kembali dan meminimalisir kesalahan pemasangan baut. Selain itu, patokan bahwasanya baut tersebut cocok atau tidak, dengan cara, saat dimasukkan sebelum diputer, kurang lebih tingginya 1 cm. Jika tinggi baut saat dipasang sebelum diputar misal lebih dari 2 cm, berarti baut tersebut bukan tempatnya, itu cara mudahnya.

Berikut ini contoh fatal kesalahan pemasangan baut pada blok magnet yamaha mio sporty.


Yang benar adalah baut yang di atas, adapun yang dibawah itu yang dipaksakan (contoh yang salah, karena terlalu tinggi) sehingga tembus magnet dan merontokkan spul pengisian, sehingga sistem pengapian juga ikut terganggu. karena menganut sistem DC. 

spul magnet yamaha mio sporty
 spul pengisian rontok terkena baut yang nongol tembus magnet


di bawah ini komponen yang diganti, spul pengisian/lampu dan pulser harus 1 set, pastikan yang asli/genue part karena menyangkut kelistrikan, jika rusak di jalan bisa berabe, untung harga terjangkau 206 ribu, tapi tetap saja kerugian kerja dan tidak efisien.





Terima kasih


Dadang Auto Champion