Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Leasing adalah riba



Leasing adalah riba

            Belum lama ini datang 2 orang dari lembaga finance. Tujuanya ternyata ada orang yang ingin beli barang HIDS(Honda Injection Diagnostic System) sekaligus FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool) tapi lewat finance (leasing) tersebut. Kemudian lembaga finance (leasing) tadi ingin membeli produk kami secara cash untuk dikreditkan dengan sistem riba (finance/leasing minjami 3,6jt kepada orang untuk beli produk kita, kemudian dianak pinakkan jadi anaknya sekitar 30%nya, jadi peminjam yang ingin beli alat tadi diwajibkan mengembalikan 3,6jt + 30%x3,6jt). Langsung saya tolak dengan halus niat mereka meleasingkan produk saya, meski mereka beli ke saya secara cash. Sekilas kalo tidak telaten dan detail seperti sistem jual beli biasa. Tapi tunggu dulu.
            Inti dan hakekatnya mereka meminjamkan sejumlah uang untuk beli produk kita, kemudian dari uang yang mereka pinjamkan itu ada bunganya. Ini jelas riba menurut agama Islam. Dan ini merugikan sistem perekonomian dimanapun. Hakekatnya mereka bukan nolong tapi memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.  Sistem ini meniadakan keadilan dan dilarang dalam Islam karena sebenarnya sistem rentenir, walaupun direkayasa dan dihaluskan dengan lembaga dan pembiayaan.
            Saran kita biar bisa beli alat, nabung dulu atau cari pinjaman non bunga/riba dan agar fair berikan jaminan dan kesepakatan yang mengikat. Prinsip kepercayaan harus dimiliki kedua belah pihak. Di negara yang maju justru bunga/riba ditiadakan agar produktivitas kerja, investasi dan perekonomian tumbuh dengan baik dan fair. Dan langkah kita menolak leasing tersebut sudah kita konsultasikan dengan ustad yang terpercaya juga.

Kosa kata :
Didefinisikan dengan gaya bahasa bebas sesuai bentuk aktivitasnya.
Leasing : pemberi kredit untuk beli barang yang intinya agar uang yang dipinjamkan bisa beranak pinak. Misal uang yang dipinjamkan 3.6jt untuk beli produk, nanti setelah 6 bulan jadi 4,8 juta.

Terima kasih

Dadang Auto Champion