Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Bengkel motor yang akan ditinggal pelanggan



Bengkel motor yang akan ditinggal pelanggan

bengkel motor yang akan diblacklist

Pelayanan jasa didominasi skill dan hubungan personal yang baik dengan pelanggan. Keduanya tidak bisa dipisahkan. Jika 1 x saja mengecewakan pelanggan bisa menjadikan pelanggan yang dikecewakan tadi akan menyebarkan dan merekomendasikan untuk tidak memakai jasa bengkel motor kita. Sehingga bengkel motor kita akan di black list masyarakat.

Ini hal yang harus dihindari agar bengkel motor tidak ditinggalkan :
  1. Jangan banyak menjanjikan orang. Ukur dengan kemampuan kerja kita dan pastikan estimasi waktunya tepat atau bahkan lebih awal, seandainya molor karena suatu hal, komunikasikan dengan sopan. Lebih baik jika kita komunikasi terkait estimasi biaya juga dan saran-saran penggunaan spare part.
  2. Tidak punya managemen komplain. Jika dikomplain suka menghindar atau menyikapinya dengan enteng, tidak baik dan kurang sopan.
  3. Tidak up date terhadap teknologi. Misal sekarang era motor injeksi, bahkan semua motor direncakan semua berbasis injeksi, tapi tidak mau beradaptasi, otomatis akan kehilangan segmen pemilik motor injeksi.
  4. Tidak jujur. Ada juga bengkel yang mengaku komponen perpaknya merek AHM, padahal yang dipasang perpak NLK, sementara keduanya kualitasnya berbeda.
  5. Tidak ramah dan ketus dengan pelanggan. Ini termasuk faktor utama pelayanan jasa akan ditinggalkan.
  6. Skillnya kurang. Penting memiliki basic pengalaman dan pendidikan yang berkualitas.
  7. Banyak yang hanya tongkrong di bengkel. Terkadang ini menjadikan pelanggan merasa tidak nyaman, segan dan malu. Seandainya ada teman yang main sediakan tempat kusus di luar pelayanan jasa customer.
  8. Penampilan tidak bersahabat dan kebiasaan merokok. Pastikan memiliki penampilan yang bersahabat, kemudian jangan merokok yang bisa membahayakan diri sendiri, lingkungan bengkel dan menyebarkan penyakit bagi orang lain. Banyak yang tidak suka dengan bau asap rokok.
  9. dll
Setidaknya itu yang bisa jadi pemicu atau bahkan faktor utama bengkel akan ditinggalkan pelangganya.

Terima kasih

Dadang Auto Champion