Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Ilmu Investasi seri 1 (unsur investasi)



Ilmu Investasi seri 1 (unsur investasi)

Tulisan ini ditulis 5 seri untuk memudahkan pemahaman dan penyampaian karena termasuk ilmu penting, jadi kita harus sabar belajar, perlu diketahui, penulis menyusun tulisan ini bukan karena expert tapi sebagai sarana belajar dan sharing juga. Dengan tujuan, semakin benar usaha kita, semoga semakin maju dan berkah. Selamat menyimak….
            Apapun investasinya dan bidang apapun membutuhkan ilmu sebelum bertindak, terlebih dalam tinjauan agama Islam yang sudah mengatur terkait investasi yang begitu agung dan detail. Semua itu bertujuan menegakkan prinsip keadialan, transparan, kejujuran, serta tidak ada unsur riba dan gharar (pertaruhan). Dan sudah teruji terbaik di dunia.
            Untuk panduan investasi ada baiknya kita bersama belajar ilmu yang terkait dengan mudharabah, tentu saja ilmunya juga harus melalui sumber yang sahih, tidak sekedar pengakuan syari’ah sepihak tanpa dalil pendukung yang kuat. Sehingga tujuan usaha agar halal, berkah dan diridhoi Allahpun bisa tercapai.
Sebelum memulai pembahasan ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu mudharabah. Mudharabah adalah bentuk kerja sama antara 2 atau lebih pihak, dimana pemilik modal (shohibul maal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian di awal. Bentuk ini menegaskan kerja sama dengan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal, dan keahlian dari pengelola. (Wikipedia)
Setidaknya ada unsur penting dalam melakukan mudharabah :
  1. Modal (Ra’sul maal)
  2. Kerja (al-amal)
  3. Keuntungan/laba (Ar-ribhu)
  4. Pemodal (shohibul maal) dan pengelola/mudharib/aamil (kedua pihak yang melakukan kontrak mudharabah). Tambah satu lagi, Akad/ijab qobul atau bisa diartikan sebuah kerjasama resmi dan mengikat sebaiknya tertulis dan ada saksinya, wallahu,a’lam.
Setidaknya itu awalan untuk artikel seri berikutnya agar lebih memudahkan pemahaman dan tidak terjadi over load informasi.
Link terkait artikel ilmu investasi 5 seri artikel komplit.

Referensi
Makalah ustad Mumammad Afifuddin tentang mudharabah dengan alamat linknya http://www.darussalaf.or.id/fiqih/ketentuan-ketentuan-mudharabah/

Terima kasih


Dadang Auto Champion.