Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Persiapan pensiun usaha bengkel motor



Persiapan pensiun usaha bengkel motor

            Pak Har pemilik bengkel motor anugrah motor di Indramayu ini termasuk cerdas. Beliau adalah pegawai pertamina, tapi sudah memiliki usaha bengkel sepeda motor yang dikelola anaknya. Ada proses memulai usaha sampai akhirnya bisa berkembang bengkel motornya. Ini jelas akan menjadi usaha pendukung yang bermanfaat.
Ini sedikit yang bisa kita gali dari dialog pak Har dengan pak Ishan staf Auto Champion saat beli alat injeksi dan upgrade skill (latihan alat diagnostic injeksi Honda dan Yamaha dan materi seputar motor injeksi di Auto Champion). Bengkelnya termasuk kategori sukses walau pada awal-awal tahun sempat sepi, tapi karena sabar dan terus berusaha akhirnya sudah punya 3 karyawan, gaji karyawan juga lumayan, tembus 100rb/hari. Perlu diketahui pekerjaan servisnya untuk karyawanya, adapun keuntunganya diambil dari penjualan sparepart, dan itu sudah berjalan dengan baik.

persiapan pensiun
 ilustrasi

Ini keuntungan punya usaha pendukung bagi pegawai atau pensiunan :
  1. Punya penghasilan tambahan
  2. Untuk kegiatan pasca pensiun agar otak tetap jalan dan badan sehat karena aktivitas usaha. Terkadang pensiun dan punya uang banyak, jika kegiatanya hanya ngopi dan baca koran dan kurang aktivitas, justru tidak sehat dan penyakit pada ngumpul. Selain itu uang jika tidak diputar untuk usaha juga mudah habis. Jika didepositokan bisa terjebak riba dan uang tidak bisa memajukan bangsa jika tidak untuk investasi usaha real.
  3. Menjadi agen pembangunan dan bisa membuka lapangan kerja bagi dirinya, keluarga maupun orang lain.
  4. Mudah membangun hubungan sosial dengan masyarakat.
  5. Bisa jadi contoh para pensiunan atau karyawan lain untuk memajukan perekonomian UKM.
  6. Masih bisa sebarkan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat. Tahukan manfaat menyebarkan ilmu atau pelayanan yang bermanfaat bagi umat?
  7. Untuk antisipasi, yang namanya hidup kadang ada naik ada turun, ada saat kita masih muda dan berkantong tebal, ada saat kita sudah tua dan lemah, atau terkena PHK dan segala kemungkinan lainya. Sehingga usaha pendukung untuk keluarga akan menjadi sangat vital dan perlu disiapkan untuk hari tua sejak dini.
  8. Memulai sejak dini, lebih cepat lebih baik, karena dengan begitu akan lebih senior dalam bisnis tersebut dan mampu menjadi pemimpin pasar. Selain itu menangkap peluang yang sedang trend akan lebih baik agar tidak kehilangngan kesempatan.
Dan lain sebagainya

Alhamdulillah yang belajar mekanik motor di Auto champion ada karyawan dari Pertamina, Trakindo, Petrosia dan pensiunan karyawan swasta lainya yang tidak bisa disebutkan. Mereka datang tidak mewakili institusi tapi secara individu dan niat mereka sendiri. Walaupun mereka secara individu, tapi menunjukkan bahwasanya semangat wirausaha dan visi ke depan mereka termasuk patut diacungi jempol.

Terima kasih

Dadang Auto Champion