Daftar Istilah bagi montir/mekanik motor
Daftar Istilah bagi montir/mekanik
motor
Sebelum kita tuliskan satu-persatu,
terkait judul diatas ada kata serapan dalam bahasa belanda, yaitu montir, montir asalnya dari kata monteur (bahasa belanda). Tapi saya
lebih suka menggunakan bahasa mekanik
motor bukan montir motor.
Inilah
beberapa kata atau istilah penting untuk diketahui mekanik atau motir sepeda
motor yang diterangkan dengan gaya bahasa bebas :
Istilah
|
keterangan
|
Motor
sistem Injeksi
|
Sistem
suplay bahan bakar yang menggunakan injector yang saat penyemprotanya diatur
ECU/ECM yang didukung dengan sensor-sensor. Pada sistem itu tidak ada
karburator, anda mencari CDI juga tidak akan ketemu karena sistem pengapianya
jadi satu dengan ECU (Electronic Control unit) atau ECM (Electronic Contol
Module) yang merupakan otak pengatur sistem Injeksi dan Pengapianya.
|
Honda
Injection Diagnostic System (alat untuk mendiagnosa kerusakan sistem injeksi
Honda)
|
|
Fuel
Injection Diagnostic Tool (alat untuk mendiagnosa kerusakan sistem injeksi
Yamaha)
|
|
DLC
|
Data
Link Connector (bagian motor yang dicolok alat diagnosa injeksi untuk mengecek
kerusakan)
|
Overlapping
klep
|
Keadaan
dimana kedua katup hisap dan katup buang terbuka secara bersama sama. Hanya
terjadi pada 4 tak. Untuk memudahkan pendalaman pengetahuan tentang
overlapping klep, silakan lihat diagram pembukaan katup.
|
SOHC
(Single Overhead Camshaft)
|
Mesin
dengan 1 noken as atau kem atau camshaft
|
DOHC
(Double Overhead Camshaft)
|
Mesin
dengan dobel noken as (noken asnya 2)
|
Suara
mesin akibat angka oktan terlalu rendah
|
|
pembakaran
yang terjadi di ruang bakar tapi bukan terjadi karena api di busi, melainkan
karena titik panas di ruang bakar karena sisa karbon pembakaran atau disebut
dengan hotspot/ titik panas.
|
|
Inertia
|
Ketidak
mampuan benda untuk bergerak atau berhenti dengan sendirinya. Atau dengan
definisi lain bahwa sebuah object (benda) akan cenderung bergerak pada arah
yang sama atau kecepatan yang sama samapi digerakkan dengan kekuatan lain.
|
Usaha
|
Besarnya
gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami
perpindahan
|
Power/daya/tenaga
|
Kemampuan
mengangkat beban/ menarik beban selama periode tertentu. Satuanya HP (horse
power) atau DK (Daya Kuda) atau Watt
|
Torsi
atau moment atau torque
|
Usaha
untuk memutar. Satuanya N.m (Newton meter)
|
RPM
|
Rotation per minute ada juga yang mendefinisikan revolutions per minute, atau
gampanyanya putaran per menit.
|
TMA
|
Titik
Mati Atas. Biasa digunakan untuk istilah posisi seker paling mentok atas.
|
TMB
|
Titik
Mati Bawah. Biasa digunakan untuk istilah posisi seker paling bawah
|
Perbandingan
kompresi
|
Perbandingan
antara( volume silinder + volume ruang bakar) dibagi dengan volume ruang
bakar.
|
Bore
Up
|
Membesarkan
diameter blok silinder
|
Bore
|
Diameter
blok silinder
|
Stroke/langkah
stroke
|
Jarak pergerakan piston dari atas ke bawah
|
Over
haul
|
Turun
mesin
|
Tachometer
|
Alat
untuk mengukur RPM
|
Compression
tester
|
Alat
untuk mengukur tekanan kompresi silinder
|
Oversize
|
Membesarkan
blok silinder dengan standar ukuran antara 25, 50, 75 sampai 100.
|
Verbosh
|
Menyetandarkan
lagi blok silinder yang sudah habis oversizenya biasanya dilakukan tukang
bubut
|
Tap
|
Membuat
ulir untuk dimasuki baut di sebuah object
|
CC
|
Ukuran
volume silinder satuanya Centimeter Cubik. Dikalikan sesuai jumlah silinder, Rumusnya
volume silinder : luas lingkaran silinder
X langkah stroke X jumlah silinder
|
Maping
|
kegiatan
menyeting CDI racing sesuai dengan kebutuhan
|
Standar
EURO
|
Standar
emisi gas buang di negeri Eropa.
|
Dyno
Test
|
Tes
untuk mengetahui power dan torsi/moment atau torque sebuah
mesin. Bisa diistilahkan pembuktian langsung akan performa dengan angka
akurat.
|
Dan
lain lain, sebenarnya masih banyak istilah penting, sementara itu dulu ya.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion