Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Informasi Gunung Kelud, Awas Hoax dan Penipuan!

Informasi Gunung kelud, awas Hoak dan penipuan!

contoh info menyesatkan

            Banyak isu yang menyesatkan terkait kondisi terkini gunung Kelud. Isu tersebut tentunya sangat merugikan masyarakat, dari pengalaman Saya saat mengalami sendiri situasi gempa di Jogja dan situasi gunung merapi di Jogja. biasaya penyebar isu tersebut dari pihak pencuri, perampok atau memang orang yang ingin mengambil keuntungan dari musibah tersebut.
            Jangan biarkan hidup anda disusupi isu yang menyesatkan. Pastikan informasi hanya dari sumber terpercaya, misal pemerintah dan dinas terkait semisal BMKG dan BNPB. Isu menyesatkan ditengah musibah diberbagai daerah seperti lagu lama, abaikan dan langsung laporkan ke pihak berwajib saja.
            Sebenarnya sejak jamanya Imam Bukhori, umat Islam juga sudah dikenalkan dengan ilmu sanad, atau ilmu periwayatan yang sahih. Kalo jaman sekarang istilahnya reportase, harus dengan sumber yang benar, bahkan standart ilmu sanad atau periwayatan informasi jaman Imam Bukhori dahulu ada kriteri tingkat kejujuran orang, tingkat hafalan, dan nama sesuai garis keturunan. Bahkan agama Islam termasuk agama yang tegak dengan ilmu sanad sehingga ilmu agama dari nabi Muhammad ada mata rantai informasi secara estafet sampai hari ini dan memiliki akurasi yang tinggi. Jadi jangan mudah tertipu dengan berbagai informasi menyesatkan.
Ini saya tulis sendiri karena saya termasuk korban info yang menyesatkan saat ada musibah di Jogja kadang situasi genting jadi lupa ilmu, tetap waspada dan tenang disaat musibah, banyak korban harta dan jiwa jika salah mengolah informasi.
Terima kasih


Dadang Auto Champion