Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Bahan bakar alternatif

Bahan bakar alternatif

            Saat saya ke toko buku gramedia di Jogja, saya melihat buku yang menarik perhatian dengan penulis yang bernama Triadi Nugroho, S.T. dengan judul Peluang Besar Usaha Membuat Bensin dan Solar dari bahan Nabati, dengan penerbit Pustaka Mahardika Yogyakarta (tanpa alamat ataupun website dan nomor hp yang bisa dihubungi) Namun sayang setelah membolak-balik buku tersebut tidak ada keterangan yang memadai tentang si penulis. Padahal judul tersebut sebuah judul besar yang membutuhkan amanahilmiah tentang profil penulisnya maupun penerbitnya untuk dilakukan resensi yang lebih mendalam.

bahan bakar alternatif

            Tapi tidak masalah, untuk obat kecewa akan saya tulis bab demi bab buku tersebut untuk setidaknya menggugah atau menjadikan inspirasi agar Pertamina bisa memproduksi secara mandiri bahan bakar nabati. dan setidaknya itu suara hati rakyat kecil untuk kehidupan yang lebih baik, mengingat BBM dari fosil kian terbatas keberadaanya. Ini beberapa bab buku tersebut :
Bab 1. Mengenal bahan bakar nabati (biofuel)
Bab 2. Prinsip Pembuatan Bioetanol (Biopremium)
Bab 3. Membuat distilator sederhana
Bab 4. Membuat Bioetanol dan Biodiesel dari Bahan-Bahan Sekitar Rumah
Bonus Tips Konverter Kit: Membuat dan memodifikasi sepeda motor bensin menjadi Gas
Tentang penulis (ini seharusnya ada agar mudah di resensi)
            Saya lihat ini sebuah gagasan yang perlu untuk dicermati bersama. Walaupun di buku itu belum ada standarisasi nasional maupun Internasional secara resmi terkait Bahan bakar nabati tersebut ataupun tingkat keamananya bagi mesin. Setidaknya bisa menjadi perhatian negara, karena itu akan menjadi mega proyek yang melibatkan banyak tim ahli, sehingga kita menemui pom biofuel tersebar di seluruh Indonesia, mengingat negara kita kekayaan alamnya komplit. Semoga impian menjadi kenyataan.
Terima kasih


Dadang Auto Champion