Pengisian Vario 125 FI (Fuel Injection) Over Charge
Pengisian Vario 125 FI (Fuel Injection) Over Charge
Problem
Vario
125 Fuel
Injection
masuk ke bengkel dengan
keluhan tidak
bisa
di starter pake dobel starter dan semua sistem elektrikalnya mati
semua
pada
saat kontak on, tapi
pada
saat mesin mau
hidup (dengan
kick starter)
sistem elektrikalnya hidup semua.
Solusi
Pelanggan
minta ganti accunya soalnya dari
bengkel sebelumnya memvonis accunya yang
rusak tapi
mekanik
ga mau gegabah untuk ganti accu (aki).
Kemudian mekanik melakukan
pengecekan
dulu
sistem pengisiannya dengan
AVO
METER, eh ternyata langsung ketemu penyakitnya, over charge penyebab
accunya rusak. Tapi
yang
jadi
masalah penyebab over chargenya pasti kiproknya dan kiproknya jadi
satu ama ecunya, “berapa duit untuk belinya?” Tanya
mekanik
dalam
hati.
Tapi pernah ada pengalaman yang namanya low charge penyebabnya dulu dikiranya juga kiproknya tapi ternyata relay comp startnya yang rusak. Kemudian mekanik berpikir bisa jadi penyeban over chage juga relay comp startnya. Dugaan mekanik tepat ternyata setalah mekanik coba ganti relay comp startnya dan diukur pakai AVO meter ternyata normal.
Tapi pernah ada pengalaman yang namanya low charge penyebabnya dulu dikiranya juga kiproknya tapi ternyata relay comp startnya yang rusak. Kemudian mekanik berpikir bisa jadi penyeban over chage juga relay comp startnya. Dugaan mekanik tepat ternyata setalah mekanik coba ganti relay comp startnya dan diukur pakai AVO meter ternyata normal.
NB:
adakah pengalaman mekanik lain terkait kasus ini, uniknya over charge
dan low charge semua disebabkan relay comp. Jika ingin dibahas dan
saling sharing silakan ke amanahilmiah@yahoo.co.id
Referensi
:
Kasus
bengkel motor injeksi dan Bengkel motor karbu Wahyu Motor Sidoarjo
Jawa Timur Indonesia yang masuk ke redaksi Auto Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion