Motor Yamaha MX King Putaran Bawah Tidak Respon Digas
Motor
Yamaha MX King Putaran Bawah Tidak Respon Digas
gambar diambil dari s-harga.com
Problem
Dapat
Telp pagi dari Sulawesi, ada motor Yamaha Jupiter MX King 150 (motor
injeksi) putaran bawah digas
kurang respon, mungkin gambaranya brebet. Tapi jika cara tarik gasnya
dengan merambat, tidak masalah. Dicek dengan scanner yamaha tidak ada
kerusakan apa-apa apa. Urusan spare part sistem injeksi tentu saja
motor tersebut masih dalam kondisi bagus.
Solusi
Saya
Sarankan cek tekanan bahan bakar jika discann tidak ada masalah,
sayang bengkelnya belum punya alat Fuel Pump Pressure Gauge. Busi
juga saya sarankan dicoba dirapatkan sedikit untuk ketahui
perubahanya, meski sebaiknya stel standart kerenggangan busi, sekali
lagi hanya cek perubahan.
Mekanik
tidak kabari kalau knalpotnya ternyata walaupun motor standart pakai
knalpot yang bukan standart, mungkin semi racing. Setelah telepon
lagi ternyata mekanik motor kabari kalau stelaan CO awalnya sudah 10,
kemudian sama mekaniknya ditambah stel jadi 30 stelan CO-nya,
ternyata masalah hilang dan beres.
Penting
:
Tidak
disarankan pasang knalpot non standart, karena standart Euro 3
maksimal setelan kadar CO adalah “2”. Adapun jika dipasang
knalpot non standart atau semi racing, mintanya bisa lebih dari “10”
kadar CO-nya. Bahkan kasus motor MX King tadi malah mentok distel 30.
Jelas tidak akan lolos uji emisi gas buang, dan awalnya motor ramah
lingkungan jadi motor tidak ramah lingkungan.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion