Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Yamaha MX King Putaran Bawah Tidak Respon Digas

Motor Yamaha MX King Putaran Bawah Tidak Respon Digas
MX king Brebet
gambar diambil dari s-harga.com
Problem
Dapat Telp pagi dari Sulawesi, ada motor Yamaha Jupiter MX King 150 (motor injeksi) putaran bawah digas kurang respon, mungkin gambaranya brebet. Tapi jika cara tarik gasnya dengan merambat, tidak masalah. Dicek dengan scanner yamaha tidak ada kerusakan apa-apa apa. Urusan spare part sistem injeksi tentu saja motor tersebut masih dalam kondisi bagus.
Solusi
Saya Sarankan cek tekanan bahan bakar jika discann tidak ada masalah, sayang bengkelnya belum punya alat Fuel Pump Pressure Gauge. Busi juga saya sarankan dicoba dirapatkan sedikit untuk ketahui perubahanya, meski sebaiknya stel standart kerenggangan busi, sekali lagi hanya cek perubahan.
Mekanik tidak kabari kalau knalpotnya ternyata walaupun motor standart pakai knalpot yang bukan standart, mungkin semi racing. Setelah telepon lagi ternyata mekanik motor kabari kalau stelaan CO awalnya sudah 10, kemudian sama mekaniknya ditambah stel jadi 30 stelan CO-nya, ternyata masalah hilang dan beres.
Penting :
Tidak disarankan pasang knalpot non standart, karena standart Euro 3 maksimal setelan kadar CO adalah “2”. Adapun jika dipasang knalpot non standart atau semi racing, mintanya bisa lebih dari “10” kadar CO-nya. Bahkan kasus motor MX King tadi malah mentok distel 30. Jelas tidak akan lolos uji emisi gas buang, dan awalnya motor ramah lingkungan jadi motor tidak ramah lingkungan.


Terima kasih



Dadang Auto Champion