Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Vixion RPM 3000 Brebet

Motor Vixion RPM 3000 Brebet

Problem
Motor yamaha Vixion Fuel Injection distart hidup, tetapi di gas kisaran RPM 3000 brebet.
Solusi
Mekanik colokan scanner dan tidak menunjukkan kerusakan sensor injeksi. Analisa pertama busi, cek dulu api memang sudah nyebar. Kemudian Mekanik mengganti busi baru, ternyata masih brebet juga. Langkah berikutnya buka pompa injeksi, ternyata tangki kotor juga, mekanik lepas pompa injectornya dan bersihkan dengan cleaner injector sambil disemprot-semprot sampe bersih, pasang lagi pompa injectornya dan diisi bensin yang baru, dites masih brebet.
Usaha berikutnya……….
Mekanik mau cek tekanan bahan bakarnya tapi belum punya alat. Kebetulan ada tetangga punya yamaha vixion juga normal gak ad problem, saya pinjam buat nyoba, tangki saya lepas saya teskan di motor yang brebet tadi masih juga brebet tidak ada perubahan. mekanik coba lagi tangki motor brebet ke tangki motor normal ternyata tetap normal dan tidak brebet, berarti pompa injector tidak masalah.
Hari berikutnya masih lanjut……..
Mekanik coba cek kiprok dipegang panas berlebihan, soket-soket jalur kiprok dilepas semua dan dicek pake avo meter, eh ternya kabel dari jalur spul kabel berwarna putih polos kadang nyambung kadang tidak, dalam pikiran mekanik apa ini yang bikin kiprok panas. Kemudian kabel putih tersebut mekanik putus dan ganti yang baru yang normal, disambung kembali ke jalur soket kiprok tersebut dan motor dihidupkan coba digas-gas sampai mentok Alhamdhulillah sudah gak brebet.
Kesimpulannya, seputaran trouble shooting motor injection terapan memang harus sabar dan telaten, perlu konsentrasi yang ekstra.


Referensi
Kasus bengkel motor injeksi Ari Kalimantan yang masuk ke redaksi Auto Champion.

Terima kasih




Dadang Auto Champion