Motor Vixion RPM 3000 Brebet
Motor
Vixion RPM 3000 Brebet
Problem
Motor
yamaha Vixion Fuel Injection distart hidup, tetapi di gas kisaran RPM
3000 brebet.
Solusi
Mekanik
colokan scanner dan tidak menunjukkan kerusakan sensor injeksi.
Analisa pertama busi, cek dulu api memang sudah nyebar. Kemudian
Mekanik mengganti busi baru, ternyata masih brebet juga. Langkah
berikutnya buka pompa injeksi, ternyata tangki kotor juga, mekanik
lepas pompa injectornya dan bersihkan dengan cleaner injector sambil
disemprot-semprot sampe bersih, pasang lagi pompa injectornya dan
diisi bensin yang baru, dites masih brebet.
Usaha
berikutnya……….
Mekanik
mau cek tekanan bahan bakarnya tapi belum punya alat. Kebetulan ada
tetangga punya yamaha vixion juga normal gak ad problem, saya pinjam
buat nyoba, tangki saya lepas saya teskan di motor yang brebet tadi
masih juga brebet tidak ada perubahan. mekanik coba lagi tangki motor
brebet ke tangki motor normal ternyata tetap normal dan tidak brebet,
berarti pompa injector tidak masalah.
Hari
berikutnya masih lanjut……..
Mekanik
coba cek kiprok dipegang panas berlebihan, soket-soket jalur kiprok
dilepas semua dan dicek pake avo meter, eh ternya kabel dari jalur
spul kabel berwarna putih polos kadang nyambung kadang tidak, dalam
pikiran mekanik apa ini yang bikin kiprok panas. Kemudian kabel putih
tersebut mekanik putus dan ganti yang baru yang normal, disambung
kembali ke jalur soket kiprok tersebut dan motor dihidupkan coba
digas-gas sampai mentok Alhamdhulillah sudah gak brebet.
Kesimpulannya,
seputaran trouble shooting motor injection terapan memang harus sabar
dan telaten, perlu konsentrasi yang ekstra.
Referensi
Kasus
bengkel motor injeksi Ari Kalimantan yang masuk ke redaksi Auto
Champion.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion