Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Teknik Menyambung Kabel Putus

Teknik Menyambung Kabel Putus

Menyambung kabel putus bukan hal asing lagi bagi mekanik motor, baik itu pada motor karburator terlebih motor injeksi/injection. Meski menyambung kabel putus sudah kebiasaan mekanik motor, akan tetapi seperti apa sih menyambung kabel yang benar dan baik bagi rangkaian?. Agar kita tidak melakukan kesalahan dan terpenting motor mendapatkan perlakuan terbaiknya dari mekanik.
Penyambungan yang biasa dilakukan oleh mekanik motor yaitu dengan menyambung kabel langsung, diuntir dan dilapisi isolasi, disolder dan dilapisi isolasi, dan disekun dan dilapisi isolasi. Ini uraianya :
1. Sambung langsung dan diisolasi. Ini kelemahanya memang tidak kuat hanya main cepat saja, menurut saya sebisa mungkin dihindari kecuali kepepet.



2. Sambung dengan sekun dan diisolasi. Menurut saya ini bagus, kuat dan saya rekomendasikan, lebih cepat dan untuk antisipasi dari korosi dilapisi perapat lagi.


3. Sambung dengan soldir dan diisolasi. Ini juga kuat, tapi peralatan tidak simpel dan praktis.


Jadi pilihanya menurut saya antara solder dan sekun, keduanya kuat, teman saya malah pilih sekun karena saat lomba mekanik motor disarankan sambung pake sekun. Pasca disambung dilapisi isolasi atau plastik, kemudian dibakar (untuk yang dibakar lihat sikon, pastikan aman, jika tidak, hanya isolasi saja tanpa dibakar) agar lebih rapat. Untuk pilihan mana yang terbaik kondisional saja silakan anda pilih sendiri.


Terima kasih



Dadang Auto Champion