Subtitusi Kampas Rem Yamaha Vixion Yang Mal Praktek
Subtitusi
Kampas Rem Yamaha Vixion Yang Mal Praktek
Tromol rem belakang yamaha Vixion yang rusak, karena salah aplikasi kampas remnya
Murid
Auto Champion dari Pemalang mas Lukni ini selain belajar mekanik
sepeda motor juga suka otak atik motornya sendiri saat belajar
Kebetulan saatnya ganti kampas dan memang kinerja kampasnya tidak
ideal. Setelah membongkar kampas rem belakang motornya sendiri Yamaha
Vixion, sungguh kecewa. Ternyata Bukan kampas rem yamaha Vixion, tapi
kampas rem motor lain (disinyalir milik Yamaha Mio/ masih dugaan
juga).
Subtitusi
atau pemasangan komponen yang salah bisa berefek fungsi pengereman
yang kurang maksimal dan jelas membahayakan. Selain itu jika dilihat
justru malah merusak komponen lain diantaranya tromolnya tergerus
oleh besi kampas rem. Sebenarnya jika pemakai paham suara atau
rasanya saat pengereman itu bisa diantisipasi kerusakan yang lebih
parah. Anehnya menurut pengakuan mas Lukni penggantian itu dilakukan
di bengkel resmi. Entah khilaf atau memang oknum, yang jelas berusaha
berprasangka baik dulu. Toh sekarang sudah diganti dengan miliknya
Vixion Original. Ini juga sebagai pelajaran bahwasanya pengetahuan
teori dan praktek tentang mekanik sepeda motor sangat penting untuk
menjaga safety baik pengendara (untuk antisipasi kerusakan yang lebih
parah dan disiplin servis) terlebih sebagai seorang mekanik sepeda
motor yang memang usahanya berkutat di bidang servis sepeda motor.
Jelas Beda jauh dipaksa dipasang disubtitusikan, bisa karena oknum nyleneh atau memang murni khilaf.
saat direm logam ketemu logam, yang warna coklat terang itu karena tromol ketemu logam kampas. parah terlalu dipaksakan subtitusinya.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion