Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Iklim Bisnis di Arab Saudi Luar Biasa

Iklim Bisnis di Arab Saudi Luar Biasa
Intermezzo yang semoga bermanfaat. Nasib pelaku usaha di berbagai negara berbeda-beda, ini sekilas nasib pelaku usaha di Saudi Arabia / Arab Saudi yang begitu luar biasa…...
Negara Arab Saudi adalah Negara petro dollar (negara penghasil untuk minyak bumi di seantero dunia) dan central ibadah haji di seluruh dunia. Negaranya memiliki iklim bisnis yang sangat mendukung bagi pelaku usaha. Selain itu, karena dasar negaranya Al Quran dan Sunnah, ciri khas menonjolnya adalah cenderung adil di berbagai bidang termasuk dalam bidang bisnis dan perdagangan. Gambaran ini bisa didapat oleh orang yang pernah ke sana atau orang yang mendapatkan berita secara benar, bukan dari media besar ataupun kecil yang abal-abal baik dalam maupun luar negeri. Sportifitas bisnis dan iklim bisnis yang mendukung tersebut diantaranya :
  1. Bisnis yang saling berdekatan cenderung tidak membuat mereka bermusuhan atau tidak akur, mereka memiliki keyakinan bahwasanya rejeki sudah ada yang mengatur. Sehingga tidak butuh dukun pelarisan dan paranormal untuk melariskan bisnisnya. Bahkan profesi dukun dan paranormal di sana bisa dihukum mati.
  2. Terjaminnya keamanan. Ini sangat mendukung bisnis, baik bisnis besar maupun bisnis kecil. Tidak ada jatah preman atau oknum tertentu. Tidak ada yang berbuat ala preman mengganggu bisnis. Ini karena hukum di sana ditegakkan, baik untuk kalangan atas maupun kalangan bawah.
  3. Mudahnya perijinan untuk usaha.
  4. Tidak ada pajak pendapatan yang harus setor kepada kerajaan. Ini karena negaranya sudah kaya, kesadaran merasa diawasi Allah baik di kala banyak orang maupun sendiri, sehingga potensi korupsi sangat kecil kemungkinanya. Selain itu negara ini memiliki sistem pembayaran zakat infaq sodaqoh yang berjalan dengan baik dan berdasarkan kerelaan sendiri. Urusan kedermawanan orang saudi juga disaksikan oleh jamaah haji di seluruh dunia yang berkunjung ke arab saudi.
  5. Jam kerja menyesuaikan waktu solat, jadi saatnya solat berjamaah, toko-toko atau tempat usaha pada tutup.
Demikian cuplikan singkat tentang iklim bisnis di Arab Saudi.
Referensi :

Terima kasih

Dadang Auto Champion