Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Injeksi Honda Beat Tidak Bisa Putaran Tinggi

Motor Injeksi Honda Beat Tidak Bisa Putaran Tinggi

Problem
Kamis sekitar jam 9 pagi ada pasien yang ngeluhin motor beat injeksinya yang ga bisa dibawa kenceng walau gas sudah ditarik full. Gejalanya kaya kampas kopling habis kalo di motor bebek. walau digas berulang-ulang tetep motor ga mau kenceng/lari. Kata orangnya sih gejala awalnya oli mesin nyembur/keluar melalui filter udara, terus dibawa ke bengkel, katanya motor normal kembali setelah ganti ring seker/piston dari standar ke oversize 50 cuma ga dikorter/bubut. Setelah kurang lebih 4 bulan, baru ada gejala beat ga mau lari walau gas sudah full.
Solusi
Dari cerita tersebut sebenarnya sudah ada feeling kemungkinan penyebabnya ga jauh dari daleman blok mesin, cuma sebelum saya bongkar mesin, pertama saya cek yg eksternal dulu yang mungkin ada hubungannya dengan gejala motor yang ga bisa lari. Awal-awal saya biasa konsultasi ke pak Dadang beliau saranin cek bagian CVT barangkali ga normal, setelah saya cek ternyata semua bagian CVT masih OK, kemudian berlanjut saya cek bagian-bagian tangki barangkali kotor/kemasukan air, dan pompa seklian dibersihkan, throttle body dibongkar, saringan udara dibersihkan, busi diganti kemudian dicoba lagi ternyata motor belum ada perubahan. Kemudian saya konsultasi lagi barangkali penyebabnya klep bocor, setelah saya cek dari lubang manifold dengan memasukan bensin ke dalamnya ternyata bensin berkurang tanda klep in bocor.(catatan tips cek klep bocor/tidak, posisi harus top/klep in dan ex harus bebas/ tidak pada posisi salah satunya menekan).
Setelah saya yakin, kemudian Saya bongkar bagian mesin, saya cek semua komponenya, ternyata banyak kerak hitam yang menempel pada bagian klep, piston dan head mesin, jangan lupa cek juga blok mesinnya brgkli ad goresan /kondisi blok cekung di tengah, saya ambil keputusan klep ganti dan skir/skur klep, seal klep diganti, piston kit ganti dan blok seker/cylinder blok dikorter/dibubut, kemudian saya rakit kembli dan Alhamdulilah motor ngacir lagi makasih pak sarannya sangat membantu.
Rerensi : Koresponden kasus yang masuk ke redaksi Auto Champion dari Ahyadi Indramayu Jawa barat, kategori kerusakan motor injeksi.


Terima kasih

Dadang Auto Champion