Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Mio Soul GT Kehilangan Kompresi

Mio Soul GT Kehilangan Kompresi

Problem
Motor injeksi yamaha Mio Soul GT tahun 2013. Sejak baru servis rutin selalu dilakukan, bahan bakarnya pertamax. Belakangan motor sering mati mendadak, terutama pas jalan dan gas dibuka dalam, tiba-tiba mesin mati dan susah dihidupkan lagi. Mekanik bengkel mengatakan kalo kasus tersebut lost kompresi (hilang kompresi), disarankan juga tambahkan carbon cleaner pada tangki. Setelah ditambah carbon cleaner motor juga masih sering megalami lost kompresi.
Saran Solusi
Kasus kehilangan kompresi atau lost kompresi sebernarnya tidak dialami motor matik Yamaha Mio Soul GT saja, motor matik merek lainpun ada yang mengalami demikian. Untuk motor yang sering diservis rutin seharusnya perkara demikian bisa dihindari. Mengingat motor jenis lain selain matik kasus tiba-tiba kehilangan kompresi sangat jarang sekali. Ini juga menuntut jawaban dari pabrikan juga terkait kasus motor matik lost kompresi/ kehilangan kompresi. Adapun jika sudah terjadi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sesuai sebabnya.
1. Jika kehilangan kompresi dikarenakan katup kurang rapat saat kompresi karena terselip serpihan carbon ruang bakar , hendaknya karbon yang ada di katup dihilangkan terlebih dahulu dengan dikasih cairan pembersih atau semprot kompresor agar kotoran karbon di katup hilang, baik lewat intake maupun exaust. Tapi solusi totalnya jika memang sebab adanya carbon di ruang bakar, bongkar ruang bakar dan bersihan karbonya dengan skrap, memang manual, tapi lebih cepat dan efektif.
2. kehilangan kompresi karena seker dan ring seker kurang rapat bisa diatasi sementara dengan memasukkan sedikit oli lewat lubang busi. Sekilas terkesan unik, kehilangan kompresi tiba-tiba.
3. Kompresi hilang karena memang umur pakai sehingga menyebabkan seker dan ring seker sudah tidak rapat lagi, tapi kondisi seperti ini mudah dikenali karena knalpot berasap. Solusinya ganti seker dan ring seker, katup dan oversize boring.
Berbagai analisa :
1. Ada yang menuntut penjelasan langsung dari pabrikan mengapa kasus lost kompresi atau kehilangan kompresi sering terjadi di motor matik secara tiba tiba. Terlebih ketika di diamkan sebentar diselah bisa lagi.
2. Pada putaran tinggi lebih panas sehingga menyebabkan seker memuai dan menjepit ring seker, begitu juga blok silinder juga memuai, sehingga tidak bisa mengembang menutup rapat dinding silinder. Hal ini karena pada kasus tertentu, motor di dinginkan sebentar motor bisa hidup lagi. Situs Terkait.
Dari berbagai ragam analisa, bagi saya masih misteri jika belum ada jawaban dan konfirmasi dari pabrikan langsung. Terlebih jika kasusnya terjadi pada motor yang yang masih relatif baru, servis rutin, konsumsi pertamax, rajin servis dan saat dibongkar, tidak didapati banyak carbon di ruang bakar alias relatif bersih.
Terakhir, jika ingin membeli motor pastikan survey terlebih dahulu secara detail agar paham kelebihan dan kelemahan sebuah produk sepeda motor.
Referensi :
Tabloit Otomotif rubrik Konsultasi Edisi 24 XXVI 03-09 November 2016. Dengan berbagai penyesuaian.



Terima Kasih




Dadang Auto Champion