Mio Soul GT Kehilangan Kompresi
Mio
Soul GT Kehilangan Kompresi
Problem
Motor
injeksi yamaha Mio Soul GT tahun 2013. Sejak baru servis rutin selalu
dilakukan, bahan bakarnya pertamax. Belakangan motor sering mati
mendadak, terutama pas jalan dan gas dibuka dalam, tiba-tiba mesin
mati dan susah dihidupkan lagi. Mekanik bengkel mengatakan kalo kasus
tersebut lost kompresi (hilang
kompresi),
disarankan juga tambahkan carbon cleaner pada tangki. Setelah
ditambah carbon cleaner motor juga masih sering megalami lost
kompresi.
Saran
Solusi
Kasus
kehilangan kompresi atau lost kompresi sebernarnya tidak dialami
motor matik Yamaha Mio Soul GT saja, motor matik merek lainpun ada
yang mengalami demikian. Untuk motor yang sering diservis rutin
seharusnya perkara demikian bisa dihindari. Mengingat motor jenis
lain selain matik kasus tiba-tiba kehilangan kompresi sangat jarang
sekali. Ini juga menuntut jawaban dari pabrikan juga terkait kasus
motor matik lost kompresi/ kehilangan kompresi. Adapun jika sudah
terjadi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sesuai sebabnya.
1.
Jika kehilangan kompresi dikarenakan katup kurang rapat saat kompresi
karena terselip serpihan carbon ruang bakar , hendaknya karbon yang
ada di katup dihilangkan terlebih dahulu dengan dikasih cairan
pembersih atau semprot kompresor agar kotoran karbon di katup hilang,
baik lewat intake maupun exaust. Tapi solusi totalnya jika memang
sebab adanya carbon di ruang bakar, bongkar ruang bakar dan bersihan
karbonya dengan skrap, memang manual, tapi lebih cepat dan efektif.
2.
kehilangan kompresi karena seker dan ring seker kurang rapat bisa
diatasi sementara dengan memasukkan sedikit oli lewat lubang busi.
Sekilas terkesan unik, kehilangan kompresi tiba-tiba.
3.
Kompresi hilang karena memang umur pakai sehingga menyebabkan seker
dan ring seker sudah tidak rapat lagi, tapi kondisi seperti ini mudah
dikenali karena knalpot berasap. Solusinya ganti seker dan ring
seker, katup dan oversize boring.
Berbagai
analisa :
1.
Ada yang menuntut penjelasan langsung dari pabrikan mengapa kasus
lost kompresi atau kehilangan kompresi sering terjadi di motor matik
secara tiba tiba. Terlebih ketika di diamkan sebentar diselah bisa
lagi.
2.
Pada putaran tinggi lebih panas sehingga menyebabkan seker memuai
dan menjepit ring seker, begitu juga blok silinder juga memuai,
sehingga tidak bisa mengembang menutup rapat dinding silinder. Hal
ini karena pada kasus tertentu, motor di dinginkan sebentar motor
bisa hidup lagi. Situs Terkait.
Dari
berbagai ragam analisa, bagi saya masih misteri jika belum ada
jawaban dan konfirmasi dari pabrikan langsung. Terlebih jika kasusnya
terjadi pada motor yang yang masih relatif baru, servis rutin,
konsumsi pertamax, rajin servis dan saat dibongkar, tidak didapati
banyak carbon di ruang bakar alias relatif bersih.
Terakhir,
jika ingin membeli motor pastikan survey terlebih dahulu secara
detail agar paham kelebihan dan kelemahan sebuah produk sepeda motor.
Referensi
:
Tabloit
Otomotif rubrik Konsultasi Edisi 24 XXVI 03-09 November 2016. Dengan
berbagai penyesuaian.
Terima
Kasih
Dadang
Auto Champion