Motor Injeksi Macet Sensor TP Error, Ganti Throttle Body!
Motor
Injeksi Macet Sensor TP Error, Ganti Throttle Body!
Honda
Injeksi/Injection Supra X Helm in ga ada apinya. Kemudian dicek
dengan alat scanner Honda Injeksi HIDS/ HD30, tapi DTC
tidak terdeteksi. Mekanik motor (Alfiansyah) berasumsi mungkin kabel
bodynya ada yang putus di tengah ataupun hubungan singkat, cek dan
ricek ternyata kabel gak ada masalah, lalu saya scann lagi, yang
membuat Mekanik bingung, kenapa nilai sensor Throttle position (TP)
menunjukkan nilai 70,0 derajat dan ditarik gas menjadi 89,0 derajat
dan teganganya pun menunjukkan 4,765 volt, lalu disinilah kemampuan
saya diuji. Data awal yang baik.
Akhirnya
Mekanik motor sharing dengan teman yang ahli dalam menangani motor
injection/injeksi, terkusus motor honda karena beliau training
langsung di Honda. Teman mekanik yang ahli tersebut menyarankan untuk
melihat standar nilainya, dan persis data awal hanya nilai sensor TP
dan teganganya yang diluar nilai standarnya. Sehingga disimpulkan TP
(Throttle Position) yang ada di Throtlle body sudah error, lalu
Mekanik motor membuka TP dan berusaha seting, ternyata hasilnya
nihil. Sekilas mekanik motor masih ragu, masak sih iya ensor TP yang
error efeknya gak ada apinya, dia kan cuma buat ngatur langsamnya
doang. Tapi setelah temanya mekanik memberi penjelasan bahwasanya
dulu pernah mengalami kasus motor Honda Revo injection/injeksi TPnya
menunjukkan 12 derajat dan sudah ga bisa distel lagi, lalu diganti
TPnya, nilainya standar lagi 0,0 derajat, dan distarter ada apinya
dan hidup normal.
Penjelasan
teman mekanik motor (Alfiansyah) Terkait pengaruh Thottle Posision
sensor dengan busi tidak menyala apinya.
TP
error motor ga ada api di busi, Jadi begini, sensor TP itu
mempengaruhi pick up pulsar atau ADV yang membuat nilai ADV tidak
standar lagi waktu dibaca ECM, jadinya motor ga ada apinya, karena
nilai TP error dan pickup pun tidak mengirimkan sinyal nilai yang
standart yang dibaca sama EMC, karena nilainya ga standart makanya
ECM ga ngebaca dan ga mengirimkan stroom ke koil.
Solusi
Ternyata
sensor TP yang error harus diganti satu set dengan throtlle body,
harganya jadi 380 ribu. Setelah dipasang dan distarter alhamdulillah
ada apinya, mekanik motor pasang busi dan motorpun nyala seperti
sedia kala.
Referensi
:
Korensponden
kasus motor injeksi/injection dari Mekanik Motor Alfiansyah yang
masuk ke redaksi Auto Champion Training Centre.
Jika
ada masukan kritik dan saran silakan ke amanahilmiah@yahoo.co.id
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion