Stel Stasioner Motor Injeksi
Stel Stasioner
Motor Injeksi
Cara menyetel stasioner pada motor
injeksi ada 2 cara, cara pertama dengan cara manual, yaitu diputar langsung
pakai obeng seperti pada motor supra 125 PGMFI dan semisalnya. Cara kedua,
sudah ada pengatur otomatis putaran stationer, pada motor yamaha ada komponen
ISC (Idle Speed Control). Dengan komponen ini tidak perlu menyetel lagi. Meski
begitu jika ada problem pada ISC, anda bisa melakukan cara di bawah ini.
Pengalaman Treatmen ISC agar bisa stasioner oleh Agus
wahyudi, Wahyu Motor depan masjid Darul Ulum RT4/RW2 Buduran Sidoarjo Jawa
Timur. (sudah diedit untuk penyelarasan)........
Cara menyetel
langsam pada Mio J/ Soul GT tidak bisa dengan memutar baut penyetel pada throttle
body, tapi haus menyetel jarak plunger ISC pada Trhottle body. Caranya dengan
melepas ISC dulu pada rumahnya, kemudian pernya kita lepas, lalu kita setel
jarak panjang plunger dengan cara mengukurnya dengan jangka sorong antara ujung
lunger dengan dasar body ISC (yang terdapat Oring) ukuran standarnya 35mm untuk
merubah ukuran caranya dengan melepas plungernya dan panjang pendeknya plunger
diatur pakai drat tinggal putar saja plungernya pakai tangan sesuai ukuran yang
diinginkan, dengan ukuran tersebut didapatkan putaran langsam sekitar 1700 rpm.
Jika dirasa kurang langsam jaraknya bisa ditambah 36-37mm, tapi sebelum
dipasang ISCnya alangkah baiknya dibersihkan dl ruma ISCnya lalu pasang ISCnya.
Sebelum dihidupkan mesin direset dulu ISCnya. Setelah mesin hidup baru
diketahui hasilnya, jika terlalu rendah rpmnya baru bisa disetel melalui baut
gas pada throttle body.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion