Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Franchise bengkel menguntungkan? Selidikilah!



Franchise bengkel menguntungkan? Selidikilah!

            Franchise memang termasuk jalan pintas untuk para pemodal atau investor memiliki bisnis secara instant dan cepat dengan konsep yang sudah terbukti berjalan. Tapi untuk memilih franchise harus memiliki kejelian dan survey yang mendalam agar tidak berujung kekecewaan dan penyesalan yang berlarut-larut. Kemungkinanya tetap ada dua, sukses dan gagal atau bangkrut.

franchise bengkel motor

            Mengapa saya tiba-tiba membahas hal tersebut?. Saat ini franchise juga banyak merambah dunia otomotif. Salah satunya franchise bengkel sepeda motor yang bertebaran baik dari luar maupun dalam negeri. Investor atau pembeli franchise biasanya terpukau dengan booming iklan, proyeksi keuntungan, trend dan janji atau mimpi dari penawar franchise. Padahal yang harus mereka pelajari seharusnya adalah resiko terburuknya, misal kendala di lapangan ataupun detail proyeksi pendapatan terburuk.
Oleh karena itu ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan untuk memutuskan membeli franchise bengkel sepeda motor atau bahkan memulai bisnis sendiri dengan referensi yang memadai tanpa franchise sama sekali :
  1. Teliti track record pemilik dan pengelolanya secara mendetail.
  2. Apakah pemilik franchise tersebut memiliki mekanik motor yang memang handal dan punya pengalaman, dan bisa mensuplay mekanik secara seragam di berbagai daerah dan serentak, atau justru jadi kendala utama?
  3. Apakah suplay spare part dan kualitas spare partnya bagus? Pada beberapa kasus terjadi suplay yang buruk dan kualitas spare part yang kurang terbuka.
  4. Detail perjanjian dan sharing profit dengan pihak penjual franchise.
  5. Lakukan sistem penggalian informasi dengan standar intel, misal survey salah satu pembeli franchise, wawancarai pembeli, mekaniknya atau stafnya secara pribadi dan kasih tips agar mau terbuka tentang kondisi sesungguhnya, suasana kerja, kesejahteraan, ataupun perbandingan dengan janji iklan franchise, sesuai atau tidak. Dari situ bisa digali informasi yang detail, bahkan jika mereka kecewa membeli franchise, tentu dengan senang hati akan menyuruh anda membatalkan niat membeli franchise bengkel sepeda motor yang dia beli.
  6. Cari informasi detail baik on-line maupun off-line adakah penjual franchise yang bangkrut setelah membuka franchise dan gagal dalam managementnya.
  7. Adakah garansi jika terjadi efek terburuk? Dan dilegalisasi dengan akta notaris dan penegak hukum lainya yang mengikat?. Dan yang bertanda tangan sebagai saksinya terpercaya di bidang hukum juga?.
  8. Apakah penjual franchise bertanggung jawab dan memberikan pendampingan penuh?
  9. Jangan takut dan segan tanya seelit apapun penjual franchise, realistislah dan jangan mau ditekan atau dipojokkan.
Jika sudah yakin dan terbukti, anda bisa memutuskan beli franchise, jika tidak terbukti jangan beli. Mungkin itu sedikit dari saya semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dan menjadi perlindungan konsumen bagi pembacanya. Bagi yang ingin sharing karena terlanjur membeli tapi punya pengalaman buruk atau baik dan ingin berjasa dalam perlindungan konsumen silakan hubungi amanahilmiah@yahoo.co.id.


Terima kasih


Dadang Auto Champion